TNI Siagakan Personel Antisipasi Kerusuhan Meluas di Sinakma Wamena

Aparat TNI mencoba lakukan komunikasi untuk memediasi masyarakat di Sinakma, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan. (Foto: Dok Pendam XVII/Cenderawasih)
Aparat TNI mencoba lakukan komunikasi untuk memediasi masyarakat di Sinakma, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan. (Foto: Dok Pendam XVII/Cenderawasih)

TIMIKA | Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring menyampaikan untuk mengantisipasi kerusuhan meluas di Sinakma, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan pada Kamis, 23 Februari 2023, TNI menyiagakan personelnya di lokasi kerusuhan.

Danrem mengatakan, TNI juga berupaya memediasi serta menenangkan masyarakat di lokasi kejadian.

“Saya telah perintahkan Dandim 1702/Jayawijaya untuk menenangkan massa agar kerusuhan tidak meluas dan juga sudah disiagakan personel TNI untuk mengantisipasi terjadi kerusuhan susulan,” kata Danrem, Jumat (24/2/2023).

Ia menghimbau agar masyarakat tenang dan dan tidak terpengaruh adanya isu-isu provokatif oleh pihak-pihak tertentu.

Aparat TNI saat dikerahkan mengamankan kerusuhan yang terjadi di Sinakma, Kabupaten Jayawijaya Papua Pegunungan, pada Kamis 23 Februari 2023. (Foto: Ist)

Sementara itu, Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Cpn Arhenius Murib juga menyampaikan pihaknya terus berupaya menenangkan massa dan membantu proses mediasi, sehingga kerusuhan tidak meluas dan situasi kembali kondusif.

“Komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak telah kita lakukan agar kerusuhan tidak meluas, suasana kembali tenang. Saat ini kami TNI menyiagakan personel, apabila sewaktu-waktu akan digerakkan,” kata Dandim.

Ia berharap, kondisi kembali normal dan kondusif serta tidak ada isu-isu maupun tindakan-tindakan yang provokatif.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *