10 Sanggar Suku Amungme dan Kamoro Pamerkan Hasil Kerajinan

PAMERAN | Asisten I Setda Mimika Yulianus Sasarari yang didampingi Kadis Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga saat meninjau stand pameran. (Foto: Muji/SP)
PAMERAN | Asisten I Setda Mimika Yulianus Sasarari yang didampingi Kadis Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga saat meninjau stand pameran. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Sebanyak 10 sanggar masyarakat Suku Amungme dan Kamoro di Mimika pamerkan hasil kerajinan tangan dalam pameran Budaya Daerah tahun 2020, oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Mimika, Papua.

Pameran yang dipusatkan di Gedung Tongkonan Jalan Sam Ratulangi digelar selama tiga hari, yakni mulai 6-8 Oktober.

Berbagai hasil kreasi dari 10 sanggar ditampilkan, mulai ukiran kayu patung, perisai, dayung, kalung, anyaman atau rajutan noken, tas, gelang, dan tikar serta topi atau mahkota adat.

Asisten I Setda Mimika Yulianus Sasarari mengatakan, pameran budaya daerah merupakan kegiatan strategi seni dalam pengembangan budaya di Mimika. Sekaligus juga sebagai pelestarian kearifan lokal yang dimiliki Kabupaten Mimika.

“Pameran ini sebagai wujud nyata dalam mempertahankan dan mempromosikan kebudayaan,” kata Sasarari saat membacakan sambutan Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

Serta memberikan peluang kepada masyarakat atau sanggar untuk bisa menampilkan hasil karya masing-masing agar bisa dipromosikan.

IKLAN-TENGAH-berita

Apalagi kedepan ada dua even, yakni PON 2021 dan Pesparawi XIII. Sehingga ini menjadi acuan pemerintah daerah dalam pemberian cenderamata

“Saya harapkan peserta terus berkarya dan berkreasi sehingga budaya yang jadi jati diri bangsa bisa dilestarikan serta bermanfaat baik hiburan maupun inspirasi,” tuturnya

Reporter: Mujiono
Editor: Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar