RSUD Biak Siapkan Psikiater

RSUD Biak Siapkan Psikiater
Ilustrasi

BIAK | Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyiapkan layanan psikiater untuk melayani gangguan kesehatan jiwa dialami warga di wilayah paling timur Indonesia ini.

“Pelayanan psikiater di RSUD Biak merupakan kerja sama dengan RSUD Dok II Jayapura dan Dinas Kesehatan Provinsi Papua,” ujar Pelaksana Direktur RSUD Biak dr R Ricardo Mayor, di Biak, Jumat (16/3).

Ia mengatakan jadwal jasa layanan jasa psikiater di RSUD Biak telah diatur dan disepakati dengan Dinas Kesehatan Papua dan RSUD Dok II Jayapura setiap dua pekan sekali.

Layanan psikiater itu, menurut Ricardo Mayor tidak terkait dengan antisipasi agenda politik Pilkada Serentak 2018.

Layanan konsultasi psikiater di RSUD Biak, lanjut Ricardo Mayor, untuk memenuhi tujuh program layanan kesehatan di Papua yang sudah menjadi program prioritas di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Papua.

“Salah satu dari tujuh program prioritas, yakni masalah layanan psikiater,” ujar Ricardo Mayor menanggapi penyediaan dokter psikiater.

Ricardo Mayor mengakui RSUD Biak sebagai rumah sakit rujukan regional Teluk Saereri sehingga terus membenahi kebutuhan pasien rawat jalan dan rawat inap.

Ia menyebutkan hingga tahun 2018, jumlah dokter spesialis yang aktif mengabdi di jajaran RSUD Biak mencapai 23 orang.

Berdasarkan data RSUD Biak, jumlah pasien yang berobat rawat jalan dan rawat inap pada tahun 2017 mencapai 122 ribu pasien.(Ant/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *