350 Warga Keturunan Tionghoa di Mimika Terima Vaksin Dosis Pertama

VAKSIN | Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama yang digelar HPKT Timika. (Foto: Muji/Seputarpapua)
VAKSIN | Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama yang digelar HPKT Timika. (Foto: Muji/Seputarpapua)

TIMIKA | Sebanyak 350 warga keturunan Tionghoa yang tergabung dalam organisasi Himpunan Peduli Kasih Tionghoa (HPKT) Timika menerima vaksin Covid-19 dosis pertama di salah satu hotel di Jalan Budi Utomo, Timika, Jumat (21/5/2021).

Pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan oleh tiga Puskesmas, yakni Puskesmas Pasar Sentral, Wania, dan Mapurujaya.

Ketua HPKT Mimika, Gunawan mengatakan, sebelum pelaksanaan vaksinasi tahap pertama, pihaknya melakukan koordinasi dengan pengurus HPKT untuk melakukan pendataan warga Tionghoa di Mimika.

Sesuai dengan data yang dikumpulkan, ada sekitar 350 warga Tionghoa ditambah 80 karyawan Hotel Horison Ultima Timika.

“Setelah itu semua selesai, maka kami melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan. Dimana beliau menyambut baik dengan rencana vaksinasi yang dilakukan oleh HPKT Mimika,” kata Gunawan di sela-sela kegiatan.

Karena jumlah pesertanya cukup banyak, yakni kurang lebih 430 orang, maka dibagi menjadi tujuh shift. Hal ini bertujuan mencegah kerumunan.

Shift pertama mulai pukul 09.00 WIT hingga pukul 10.00 WIT dengan jumlah peserta vaksin 50 orang.

“Vaksinasi ini dilakukan selama satu hari. Ini untuk mendukung program pemerintah. Serta sesuai tema kita, wujudkan masyarakat yang sehat dan produktir dengan vaksinasi Bersama HPKT,” tuturnya.

Sementara Sekretaris HPKT Timika Steven Tan mengapresiasi pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan Mimika, yang telah memberikan kesempatan bagi keluarga besar HPKT untuk mendapatkan vaksin sinovac tahap pertama.

“Melalui program vaksinasi ini, diharapkan masyarakat lainnya juga ikut vaksin. Kalau semua ikut vaksin, maka semua aman. Karena dengan ikut vaksin, maka ikut menjaga diri sendiri dan orang lain,”tuturnya.

reporter : Mujiono
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.