48 CJH Bimbingan KBIHU Rizki Barakah Zam-Zam Diserahkan ke Kemenag Mimika

Foto bersama pelepasan 48 CJH KBIHU Rizki Barakah Zam-Zam kepada Kantor Kemenag Mimika. Foto: Mujiono

TIMIKA, Seputarpapua.com | Sebanyak 48 calon jamaah haji (CJH) Kelompok Bimbingan Haji dan Umroh (KBIHU) Rizki Barakah Zam-Zam dilepas dan diserahkan ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Mimika.

Pelepasan 48 CJH KBIHU Rizki Barakah Zam-Zam dilakukan pada Selasa (14/5/2024) di salah satu hotel di Jalan Yos Sudarso, Mimika, Papua Tengah yang disaksikan Asisten III Setda Mimika Anace Hombore, Ketua BAZNAS Mimika, Kepala Binmas Islam, Ketua Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PD IPHI) Kabupaten Mimika, dan Ketua Muslimat Nahdatul Ulama Mimika.

Ketua KBIHU Rizki Barakah Zam-Zam sekaligus Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Mimika Abdul Muthalib Elwahan mengatakan, KBIHU Rizki Barakah Zam-Zam ini merupakan kelompok yang modern dan diharapkan bisa mengantarkan CJH ke Tanah Suci Mekah.

“Sebelum dilepas dan diberangkatkan, para CJH diberikan bimbingan termasuk manasik haji. Melalui pembekalan dan bimbingan diharapkan para CJH lancar dalam melaksanakan ibadah haji. Sehingga menjadi haji yang mabrur,” tuturnya.

Kepala Kantor Kemenag Mimika, Lukas Yasi mengatakan, ibadah haji merupakan rukun Islam ke 5. Dimana ibadah haji dikerjakan bagi yang mampu. “Dengan demikian, 48 CJH yang diserahkan ini merupakan jamaah yang mampu melaksanakan ibadah haji,” katanya.

Pelaksanaan ibadah haji memang agak lama, namun ketika sudah mendapatkan giliran atau waktunya kita bersyukur dan merasa senang. Hal ini dikarenakan, ibadah haji merupakan ibadah yang paling menyenangkan. Tetapi sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah, CJH mendapatkan bimbingan dari tahapan-tahapan.

“Pastinya semua tahapan dilakukan sangat panjang. Mulai dari pendaftaran, penerimaan, bimbingan, sampai dengan pelaksanaan ibadah haji. Oleh karena itu, harus dengan ikhlas maka akan mendapatkan berkah atau sesuatu yang menyenangkan. Serta mendapatkan gelar, haji mabrur,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dari pelaksanaan ibadah haji ini, pihaknya berharap selalu menjaga kesehatan. Sehingga mulai dari awal sampai akhir bisa terlaksana dengan baik dan tidak kurang sesuatu apapun.

“Berangkat 48, maka harus kembali juga 48. Itulah harapan kami semua,” ujarnya.

Ketua Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Haji dan Umrah Papua, Amiruddin Sabil menyampaikan, KBIHU Rizki Barakah Zam-Zam sudah resmi dan diakui oleh pemerintah.

Dimana KBIHU memiliki tugas untuk memberikan bimbingan dan pembekalan kepada CJH. Sehingga dalam pelaksanaan ibadah haji CJH bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Materi KBIHU Rizki Barakah Zam-Zam sudah sesuai dengan yang ditentukan. Sehingga jamaah haji nanti bisa mandiri,” tuturnya.

Asisten III Setda Mimika Bidang Administrasi Umum dan Kepegawaian, Anace Hombore menyampaikan selamat karena akan melaksanakan ibadah haji yang merupakan rukun Islam ke 5.

Selaku pemerintah daerah, pihaknya mengimbau bahwa kepergian para CJH membawa nama baik daerah dan keluarga. Sehingga diharapkan CJH menaati aturan, agar bisa melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan baik.

“Luruskan niat dan laksanakan ibadah haji dengan baik karena semata-mata Allah SWT. Sehingga menjadi haji mabrur,” ungkapnya.

penulis : Mujiono
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *