Alasan Mimika dan 2 Daerah Lainnya Dipilih Laksanakan Vaksinasi Perdana di Papua

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Perdana di Kabupaten Mimika. (Foto: Sevianto Pakiding\SP)
Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Perdana di Kabupaten Mimika. (Foto: Sevianto Pakiding\SP)

TIMIKA | Kabupaten Mimika, Provinsi Papua dipilih menjadi salah satu daerah yang melaksanakan Vaksinasi Covid-19 Perdana di Provinsi Papua bersama Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Robby Kayame menjelaskan alasan dipilih Kabupaten Mimika karena Mimika merupakan salah satu pintu masuk di Provinsi Papua.

Sehingga jika penularan Covid-19 terkendali di Mimika, maka 25 Kabupaten lainnya bisa ikut terkendali.

Pada pelaksanaan perdana, sebanyak 17 pejabat publik di Mimika didaftarkan untuk menerima vaksin Covid-19 jenis sinovac, namun hanya 14 yang memenuhi kriteria dan langsung disuntik vaksin.

“Saya bangga lihat figur publik di Mimika yang semangat memberi diri untuk ikut divaksin Covid-19, meski beberapa diantaranya tidak lolos screening terakhir,” katanya saat diwawancara usai pelaksanaan vaksinasi di Kantor Pusat Pemerintah Kabupaten Mimika, Jumat (22/1/2021).

Pada pelaksanaan vaksin Perdana itu, Kepala Dinas Kesehatan Reynold Ubra sempat tidak lolos screening akibat tensi naik.

IKLAN-TENGAH-berita

Hal itu membuat Robby sempat stres. Menurutnya ketika Reynold divaksin, maka itu menjadi motivasi bagi semua tenaga kesehatan di Mimika untuk ikut divaksin.

“Sama dengan Jokowi disuntik. Mimika Reynold disuntik. Supaya tenaga kesehatan semua ikut disuntik. Termasuk direktur-direktur RS ikut disuntik, itu bagus buat kami dinas kesehatan provinsi supaya mendorong memotivasi stafnya untuk melakukan vaksinasi dengan harapan tidak terjadi penularan di lingkungan kerjanya,” ungkapnya.

dr. Robby menceritakan, diawal adanya rencana pelaksanaan vaksin Covid-19 dirinya banyak mendengar penolakan dari masyarakat, namun setelah kick off vaksinasi dilaksanakan di Jayapura, banyak masyarakat yang mulai tidak sabar untuk ikut divaksin.

“Tapi saya bilang sabar dulu. Kami kesehatan dulu baru kamu masyarakat. Kesehatan dulu, TNI-Polri, kemudian pelayan publik dan setelah itu masyarakat,” ungkapnya.

Adapun 25 kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Papua baru akan diberikan vaksin Covid-19 pada tahap berikutnya.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Misba

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar