Bahas Pembebasan Pilot, Dubes Selandia Baru Temui Pangkogabwilhan III di Mimika

Bahas Pembebasan Pilot, Dubes Selandia Baru Temui Pangkogabwilhan III di Mimika
Suasana pertemuan antara Pangkogabwilhan III Letjen TNI Richard TH Tampubolon dengan Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, Kevin Jeffery Burnett. (Foto: Dok Kogabwilhan III)

TIMIKA | Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III Letnan Jenderal TNI Richard TH Tampubolon menerima Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, Kevin Jeffery Burnett, di Kabupaten Mimika, Papua Tengah pada Selasa, 6 Februari 2024.

Dubes Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Jeffery Burnet menyampaikan bahwa kedatangannya untuk membahas tentang perkembangan pembebasan sandera pilot Susi Air, Captain Phillip Mark Mehrtens yang sudah satu tahun dalam penyanderaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.

Penerangan Kogabwilhan III dalam keterangannya kepada media ini, Selasa (6/2/2024) malam, menyebut bahwa Pemerintah Selandia Baru berharap agar pembebasan sandera dilakukan dengan metode soft approach (pendekatan secara lunak).

Advertisements

Menurut keterangan itu juga, Kevin Jeffrey Burnett menegaskan Pemerintah Selandia Baru menyerahkan sepenuhnya kasus dan upaya pembebasan sandera yang merupakan warga negara mereka kepada Pemerintah Indonesia.

Kevin bahkan menyampaikan pesan khusus dari Pemerintah Selandia Baru yang menegaskan mengakui kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di tanah Papua.
Sementara itu Pangkogabwilhan III Letnan Jenderal TNI Richard TH Tampubolon menekankan prioritas utama aparat Indonesia adalah memastikan keselamatan sandera pilot Captain Phillip Mark Mehrtens.

“Kami meyakini hingga saat ini sandera pilot masih dalam kondisi sehat meskipun ada kesulitan dalam pasokan logistik dan akses terhadap kesehatan,” kata Pangkogabwilhan III.

Lantaran penjagaan ketat yang dilakukan oleh KKB terhadap Phillip dan terkadang tinggal bersama dengan warga sipil, itu membuat TNI sangat berhati-hati dalam mengambil solusi terkait upaya pembebasan.

“TNI sudah melaksanakan berbagai pendekatan melalui tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat termasuk juga Pemerintah Daerah, dan berharap pembebasan sandera bisa dilakukan melalui soft approach,” tegasnya.
Dubes Selandia Baru mengucapkan terima kasih mewakili Pemerintah Selandia Baru kepada Indonesia, itu disampaikan melalui Pangkogabwilhan III atas upaya dalam membebaskan sandera dengan mengutamakan keselamatan.

Sementara itu, sebelumnya Juru Bicara KKB yang biasa menyebut diri mereka sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat – Organisasi Papua Merdeka (TNPB-OPM), Sebby Sambom, melalui keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu mendukung agar pilot dibebaskan.

Sebby dalam keterangan video berdurasi 5 menit mengatakan, dirinya dibawah Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB dan Panglima, menegaskan pilot adalah seorang innocent (tidak bersalah) sehingga harus dibebaskan segera.

Advertisements

“Audio voice (soal pembebasan pilot) sudah saya kirimkan melalui tim khusus ke Egianus Kogeya, tapi saya tidak tahu apakah sudah sampai atau belum, kalau belum saya tidak tahu ada permainan apa begitu, karena pilot ini harus dibebaskan segera demi kemanusiaan,” katanya.

Sebby juga menekankan, soal pembebasan pilot pihaknya hanya menunggu proposal dari Egianus yang menyatakan siap membebaskan pilot.

Advertisements

“Kalau Panglima Egianus bilang setuju bebaskan pilot, yah, kami tinggal buat proposal pembebasannya, itu nanti akan jadi urusan kita dengan tim fasilitator dari Indonesia dan pihak internasional yang netral, untuk bisa jemput pilot itu dan serahkan ke Pemerintah Selandia Baru melalui lembaga internasional,” ujarnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan