Bendera Merah Putih Selimuti Peti Jenazah Lisa Rumbewas

Bendera Merah Putih Selimuti Peti Jenazah Lisa Rumbewas
Sejumlah atlet PON Papua membawa peti jenazah Lisa Rumbewas. (Foto: Firga/Seputarpapua)

JAYAPURA | Mantan lifter Indonesia, Raema Lisa Rumbewas dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Waena, Kota Jayapura, Papua, pada Selasa (16/1/2024) sore.

Pantauan di lapangan, prosesi pemakaman Almarhumah Lisa Rumbewas digelar layaknya pahlawan, dimana peti jenazah dibungkus dengan bendera merah putih dan seluruh petugas merupakan atlet PON Papua.

Prosesi pemakaman diawali dengan ibadah yang dihadiri ratusan orang baik dari Pemprov Papua, KONI Papua, Dinas Pendidikan Provinsi Papua, MRP, serta keluarga dan kerabat.

Advertisements

Usia ibadah, dilanjutkan dengan tabur bunga oleh keluarga dan peletakan karangan bunga oleh Perwakilan Presiden Joko Widodo, Perwakilan Kementrian Pemuda dan Olahraga, Pemprov Papua, KONI Papua dan keluarga besar Rumbewas-Korwa.

Mewakili Pemerintah Provinsi Papua, Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Sekda Papua Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Suzana Wanggai menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya mantan lifter Indonesia, Raema Lisa Rumbewas.

“Kami menyampaikan duka mendalam atas terpanggilnya Lisa Rumbewas. Semua rakyat Papua berduka karena beliau adalah pahlawan dan legenda lifter Indonesia yang sudah mengharumkan nama bangsa di kancah internasional,” katanya ketika ditemui di lokasi pemakaman, Selasa sore.

Suzana menyebut, almarhumah Lisa Rumbewas layak mendapat penghormatan dan penghargaan atas kontribusinya kepada bangsa dan negara.

“Dia adalah perempuan Papua yang patut dibanggakan dan dihormati karena dia sudah mengharumkan nama Papua dan Indonesia ke tingkat internasional,” pintanya.

“Semoga dia menjadi inspirasi bagi anak muda Papua, sehingga muncul Lisa yang baru dari Papua untuk mengharumkan nama bangsa dan negara,” tandasnya.

Senada dengan itu, Ketua KONI Papua, Kenius Kogoya, menyebut, Lisa Rumbewas merupakan lifter terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia.

Advertisements

“Lisa adalah salah satu lifter terbaik yang dimiliki oleh Indonesia dan secara khusus Papua. Dia adalah pahlawan bangsa karena tiga kali berturut-turut meraih medali di olimpiade. Ini adalah prestasi yang sulit terulang,” katanya usai menghadiri pemakaman.

Kenius berharap agar kisah legenda lifter Indonesia, Raema Lisa Rumbewas menjadi inspirasi bagi anak-anak muda Papua khususnya para atlet untuk terus berjuang mengharumkan nama bangsa dan negara dalam bidang olahraga yang ditekuni.

Advertisements

“Kisah dari Lisa Rumbewas ini harus menjadi motivasi dan inspirasi bagi seluruh atlet di Papua untuk berprestasi. Lisa sudah membuktikan kepada dunia bahwa anak Papua juga bisa berprestasi di level internasional,” tutupnya.

penulis : Firga
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan