Besok KPU Mimika Mulai Distribusikan Logistik Pemilu 2024

Ketua KPU Mimika, Dete Abugau. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
Ketua KPU Mimika, Dete Abugau. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah akan melakukan pendistribusian logistik pemilihan umum (Pemilu) mulai besok, 9 Februari 2024.

Ketua KPU Mimika, Dete Abugau mengatakan, untuk pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk wilayah pesisir pantai dan pegunungan atau pedalaman, sesuai tahapan dilakukan 8 sampai 10 Februari 2024. Sementara untuk wilayah kota Timika dan pinggirannya, pendistribusian baru akan dilakukan H-1.

“Sebelum pengiriman logistik, kami akan melakukan pleno hari ini. Tujuannya untuk menetapkan daerah-daerah mana yang dikirim terlebih dahulu,” kata Dete saat ditemui di Gedung Eme Neme Yauware, Kamis (8/2/2024).

Advertisements

Pendistribusian logistik pemilu kata dia, akan dilakukan oleh pihak ketiga, yakni PT Baliem Logistik dari Jayapura yang hari ini juga sudah berada di Mimika.

Sementara Kepala Pelaksana PT Baliem Logistik, Johan Jeriko mengatakan, terkait pendistribusian logistik pemilu pihaknya akan komunikasikan lagi dengan KPU dan Bawaslu Mimika.

Sedangkan untuk transportasi pendistribusian logistik, PT Baliem mengakui sudah menyiapkan 40 unit armada untuk wilayah kota dan sekitarnya. Namun jumlah itu masih akan dilihat lagi untuk disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Sedangkan untuk laut, pihaknya sudah berkomunikasi dengan beberapa pihak untuk menyiapkan armada kapal.

“Karenanya dari Eme Neme kami akan ke Poumako untuk komunikasi lagi,” ujarnya.

Sementara untuk wilayah pedalaman yang harus dijangkau dengan armada udara, PT Baliem akan menyiapkan helikopter, pesawat perintis jenis twin otter, pilatus maupun grand caravan.

“Jadi masalah armada untuk pendistribusian logistik pemilu sudah kami siapkan,” pungkasnya.

Advertisements
penulis : Mujiono
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *