Bupati Asmat Serahkan Bantuan Rumah Khusus Masyarakat Terdampak Pembangunan Bandara

Masyarakat penerima bantuan rumah menandatangani berita acara serah terima rumah khusus. (Foto: Elgo Wohel/Seputarpapua)
Masyarakat penerima bantuan rumah menandatangani berita acara serah terima rumah khusus. (Foto: Elgo Wohel/Seputarpapua)

ASMAT | Bupati Kabupaten Asmat, Elisa Kambu, menyerahkan bantuan rumah khusus kepada masyarakat terdampak pembangunan Bandar Udara Ewer di Kabupaten Asmat, Papua Selatan.

Penyerahan bantuan rumah itu berlangsung pada Kamis, 6 Juli 2023 di Kampung Bismam.

Bupati Kambu menyampaikan, melalui Pemerintah Pusat, penyediaan rumah khusus ini diperuntukkan hanya kepada masyarakat di dua kampung, Kampung Bismam dan Kampung Saw.

Kedua kampung ini terdampak pembangunan atau pengembangan Bandar Udara Ewer.

Bupati Elisa Kambu atasnama Pemerintah dan masyarakat Asmat, secara khusus masyarakat kampung Bismam dan kampung Saw menyampaikan terima kasih kepada Menteri PUPR melalui Dirjen Penyediaan Perumahan yang telah memberikan bantuan rumah khusus kepada masyarakat terdampak perluasan pembangunan Bandar Udara Ewer.

“Saya mengingatkan kepada bapak/ibu yang telah mendapatkan bantuan rumah dari Pemerintah Pusat, agar dapat dimanfaatkan secara baik sebagai tempat tinggal,” pesan Elisa Kambu.

Ia juga berharap, rumah yang dibangun dan letaknya strategis disepanjang jalan menuju Bandar Udara Ewer, agar tidak dipindahtangankan.

“Saya minta tidak boleh berpindah tangan,” ujar Elisa Kambu.

 

Rumah khusus yang dibangun Pemerintah Pusat dari dana APBN untuk masyarakat terdampak pembangunan Bandar Udara Ewer di Kabupaten Asmat, Papua Selatan. (Foto: Elgo) Wohel/Seputarpapua

Di tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Asmat juga akan membangun fasilitas umum di area perumahan masyarakat yang terdampak pembangunan Bandar Udara Ewer, diantaranya pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu), Pasar, hingga Sanggar anyaman dan ukiran.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan, Perumahan dan Pertanahan Kabupaten Asmat, Nerpi Tanggulungan, menyebutkan bahwa pembangunan rumah khusus yang telah di bangun sejak tahun anggaran 2022 beserta prasarana dan fasilitas umum, seluruhnya ada sebanyak 73 unit yang tersebar pada dua kampung.

Kampung Bismam sebanyak 46 unit dan Kampung Saw sebanyak 27 unit. Itu dibangun dengan alokasi dana yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2022 sebesar Rp20.834.365.700,-.

“Tujuan dari program pembangunan rumah khusus adalah, meningkatkan ketersediaan rumah layak huni dan kawasan permukiman yang berkualitas bagi masyarakat di kampung Bismam dan kampung Saw yang terdampak dari pembangunan Bandara Ewer,” pungkas Nerpi Tanggulungan.

penulis : Elgo Wohel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *