Dianggap Kondusif, Bandara Bilorai Intan Jaya Kembali Dibuka

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri (Foto: Firga/Seputarpapua)

JAYAPURA | Sempat ditutup karena gangguan keamanan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Bandara Bilorai, Distrik Sugapa, Intan Jaya, Papua Tengah, kembali dibuka untuk aktivitas penerbangan.

“Intan Jaya alhamdulillah sudah mulai kondusif. Saya minta Polres untuk memperkuat pengamanan disana,” kata Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, saat memberikan keterangan kepada wartawan di Jayapura, Papua, Jumat (9/2/2024).

“Sudah mulai kondusif, jadi saya mempersilakan bandara dibuka karena itu untuk mendorong logistik Pemilu,” tambahnya.

Kapolda mengaku sudah berkoordinasi dengan Penjabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk agar memerintahkan Pj Bupati Intan Jaya melakukan pendekatan ke masyarakat sehingga situasi yang sudah berangsur kondusif bisa terjaga dan pelaksanaan tahapan pemilu bisa berjalan.

“Kemarin saya sudah komunikasi dengan ibu Pj Gubernur Papua Tengah. Saya minta nanti menyuruh pak Pj bupati untuk turun langsung melakukan pendekatan dengan masyarakat sehingga situasi disana bisa kembali aman dan semua pelaksanaan tahapan Pemilu bisa berjalan,” bebernya.

Disinggung soal pengamanan Pemilu di Intan Jaya, Fakhiri mengatakan, pihaknya sudah memberikan masukan kepada KPU untuk daerah-daerah rawan. Diharapkan masukan itu bisa dipertimbangkan oleh KPU.

“Saya sudah sampaikan kepada KPU terkait daerah rawan. Saya berharap semua titik TPS yang rawan itu dikumpulkan ke daerah yang tidak rawan supaya pelaksanaannya bisa dilakukan dengan baik,” terangnya.

“Terus kalau disitu memang masyarakat sudah tidak ada, ya dikumpulkan dimana yang ada masyarakatnya sehingga mereka bisa memberikan hak pilihnya,” sambung Kapolda.

Kapolda menyebut, langkah ini sebagai upaya mengantisipasi gangguan keamanan yang dapat menyebabkan korban jiwa.

“Kita fleksibel karena yang penting dari pelaksanaan ini (Pemilu) adalah keselamatan dari semua masyarakat maupun keselamatan petugas baik itu KPU, Bawaslu, dan petugas keamanan itu faktor terpenting,” tegasnya.

penulis : Firga
editor : Wan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *