Dinkes Asmat Lakukan Bulan Imunisasi Anak Sekolah Dasar

IMUNISASI - Petugas Puskesmas ketika memberikan suntikan imunisasi kepada seorang murid SD. Foto: Istimewa
IMUNISASI | Petugas Puskesmas ketika memberikan suntikan imunisasi kepada seorang murid SD. (Foto: Ist)

ASMAT | Untuk mencegah campak, rubella dan tetanus pada anak usia Sekolah Dasar, Pemerintah Kabupaten Asmat melalui Dinas Kesehatan melakukan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

Di tahun 2020, kegiatan baru terlaksana di Bulan Oktober mengingat situasi pandemi Covid-19 di Indonesia, yang juga membuat Pemkab Asmat melakukan kewaspadaan di kabupaten yang dijuluki kota di atas lumpur tersebut.

“Program ini baru kita laksanakan di awal bulan ini, karena kemarin kendala dengan Covid-19,” tutur Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asmat, Richard Marino, Senin (5/10).

Dikatakan Richard, salah satu keharusan menggelar BIAS di tengah pandemi adalah untuk mencegah tertularnya campak dan rubella pada anak usia sekolah, khususnya Sekolah Dasar.

“Jadi imunisasi ini diberikan kepada anak yang kelas 1, kelas 3 dan kelas 4. Sementara ini semua masih berjalan karena harus disasar sampai ke kampung-kampung dan pedalaman,” terangnya.

Imunisasi campak dan measles rubella (MR) diberikan agar anak terhindar dari risiko cacat hingga kematian.

Program ini mendapat dukungan dari pemerintah pusat sebagai bagian dari Indonesia bebas penyakit campak dan rubella.

Karena sebagian masih belajar di rumah, maka petugas Puskesmas yang datangi anak tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *