Disorda Sebut Jejak Keberhasilan Gubernur Lukas Enembe dalam PON dan Peparnas Patut Diapresiasi

Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Terry Wanena (Foto: Papua.go.id)
Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Terry Wanena (Foto: Papua.go.id)

TIMIKA | Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua meminta semua pihak untuk mengapresiasi keberhasilan Gubernur Lukas Enembe yang dalam kepemimpinannya berhasil menyelenggarakan dua event nasional.

Dua event tersebut adalah pesta olahraga Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021. Dua momentum itu pun pada akhirnya menjadikan Papua yang kini dicanangkan sebagai provinsi olahraga.

“Dapat kita lihat kini di Papua sudah ada venue bertaraf internasional. Sehingga komitmen dan kebijakan Gubernur Papua Lukas Enembe patut mendapat apresiasi tinggi, sebab mampu menepis anggapan pesimis dari banyak pihak bahwa Papua tak mampu menggelar PON dan Peparnas,” terang Plt Kepala Disorda Papua, Terry Wanena, dikutip dari papua.go.id, Minggu (22/1/2023).

Menurut dia, mestinya semua pihak di Papua, bahkan Pemerintah Pusat pun harus ‘angkat topi’ dengan kebijakan berani Gubernur Enembe yang banyak fokuskan anggaran untuk melaksanakan dua iven nasional itu, lebih khusus pada pembangunan sejumlah venue.

Kini, saatnya venue-venue peninggalan PON dan Peparnas itu, akan dimanfaatkan untuk menjaring bibit unggul olahraga serta pembinaan para atlet Papua agar semakin berprestasi di tingkat nasional maupun di dunia.

“Kita akan memprioritaskan untuk cabang olahraga sepakbola, atletik, dayung dan lainnya yang menjadi ikon atau cabor unggulan Papua. Kita akan terus cari atlet terbaik dari Papua untuk berprestasi di tingkat nasional maupun tingkat dunia,” ungkapnya.

Ia juga menyebut sejumlah venue PON yang dibangun menggunakan APBD Papua telah dihibahkan ke pihak tertentu, seperti Pemerintah Kota Jayapura, Pemerintah Kabupaten Mimika, Polda Papua, UNCEN, STT GIDI dan lainnya.

“Venue-venue luar biasa ini diserahkan agar semua pihak terkait bisa terlibat untuk mencapai prestasi baik dari kalangan masyarakat dan altet Papua yang muaranya mendukung prestasi olahraga Papua,” tandasnya.

Diketahui ada 11 venue yang telah diserahkan, yakni volley indoor dan volley pasir kepada Kepolisian Daerah Papua, Softball dan Baseball, Lapangan Rugby dan Menembak Outdoor kepada Pangkalan TNI Angkatan Udara Silas Papare serta GOR Futsal SP2 kepada Pemerintah Kabupaten Mimika.

Kemudian lapangan Tennis Walikota Kepada Pemerintah Kota Jayapura, Lapangan Softball dan Basebal serta Trikora Uncen kepada Universitas Cendrawasih dan GOR STT GIDI kepada Sekolah Tinggi Theologia Gereja Injil di Indonesia (GIDI).

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.