Disperindag Tera Ulang SPBU-SPBU di Mimika

Petugas Disperindag saat memeriksa alat penyalur BBM pada salah satu SPBU di Kabupaten Mimika. (Foto: Kadisperindag Mimika)
Petugas Disperindag saat memeriksa alat penyalur BBM pada salah satu SPBU di Kabupaten Mimika. (Foto: Kadisperindag Mimika)

TIMIKA | Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diaperindag) Kabupaten Mimika melakukan tera ulang di seluruh Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU).

Kepala Disperindag Petrus Pali Ambaa saat dihubungi seputarpapua.com melalui pesan singkat, Kamis (28/3/2024) menyebutkan tera dilakukan usai adanya penyampaian dari Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan untuk mengecek alat pengisian bahan bakar bensin (BBM), untuk menjaga konsumen dari tindak kecurangan yang dilakukan oknum SPBU nakal.

“Terkait kegiatan ini, lebih kepada pengawasan sehubungan dengan penyampaian Menteri Perdagangan,” katanya.

Petrus menyebut kegiatan tera ini sebenarnya merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Disperindag setiap tahunnya.

“Kalau tera ulang tiap tahun pak kami lakukan, sesuai masa berlakunya di setiap SPBU yang telah di tera ulang,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pertamina Patra Niaga Mimika juga melakukan hal yang sama di enam SPBU.

Sales Branch Manager Pertamina, Patra Niaga Rayon II Papua Tengah, Vifki Leondo menjelaskan, sidak tera ini dilakukan pada pekan lalu, sejak adanya temuan alat tambahan di salah satu SPBU di Karawang, Jawa Barat oleh Menteri Perdagangan.

“Kami sudah lakukan sidak akhir pekan kemarin di enam SPBU dan tidak ada temuan,” kata Vifki pada Senin, 25 Maret 2024.

Selain sidak, Pertamina juga rutin melakukan tera setiap bulannya di setiap SPBU. Ada juga pemeriksaan tera yang dilakukan setiap satu tahun sekali oleh UPTD meteorologi.

“Kita Pertamina lakukan setiap bulan cuma tidak terbitkan sertifikat,” katanya.

Kegiatan tera digalakkan setelah sebelumnya beredar video Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan tengah melakukan pemeriksaan di salah satu SPBU di Kabupaten Karawangan dan ditemukan alat tambahan di dalam mesin pompa yang bisa mengurangi jumlah bahan bakar yang diisi ke kendaraan.

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *