Kantor Dinas di Kepulauan Yapen Terbakar, Polisi Duga Akibat Korsleting

Kondisi Kantor Dinas Perindagkop Kepulauan Yapen, Provinsi Papua saat terbakar pada Kamis, 8 Februari 2024. (Foto: Humas Polda Papua)
Kondisi Kantor Dinas Perindagkop Kepulauan Yapen, Provinsi Papua saat terbakar pada Kamis, 8 Februari 2024. (Foto: Humas Polda Papua)

TIMIKA | Kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua terbakar dilahap si jago merah pada Kamis, 8 Februari 2024 dini hari.

Berdasarkan keterangan saksi yang disampaikan dalam siaran pers yang dikeluarkan Bidang Humas Polda Papua, Jumat (9/2/2024), saksi disaat kejadian berada di rumah jaga Kantor Perindagkop. Saksi terbangun sekitar pukul 04.00 WIT lantaran listrik tiba-tiba padam.

Tidak lama berselang terdengar suara ledakan, saksi pun berlari keluar rumah jaga dan melihat api sudah menyala dari arah kiri belakang Kantor Dinas Perindagkop.

Advertisements

Menurut yang dilihat saksi, api berasal dari ruangan bendahara dan kepala sub bagian program Dinas Perindagkop. Saksi pun langsung berlari ke arah kantor Dinas Pemadam Kebakaran yang letaknya diseberang jalan dari tempat kejadian perkara (TKP) kemudian melaporkan kejadian untuk diupayakan pemadaman api.

Bahkan dari keterangan saksi, ia mengatakan bahwa sebelum kejadian kondisi terakhir kantor pada beberapa ruangan yang terdapat AC ditinggal dalam keadaan belum dimatikan, termasuk ruangan yang diduga menjadi sumber api.

Atas kejadian ini, Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Herzoni Saragih mengatakan bahwa Tim Inafis Satuan Reskrim telah melakukan olah TKP guna mencari tahu penyebab kebakaran Kantor Dinas Perindagkop.

“Anggota kami sudah turun ke lapangan, untuk korban jiwa sendiri tidak ada, namun mengalami kerugian material satu
unit bangunan Kantor Dinas Perindagop Kabupaten Kepulauan Yapen beserta inventaris kantor di dalamnya,” ungkap AKBP Herzoni.

Kepolisian juga belum menghitung kira-kira berapa total kerugian materiil atas kejadian kebakaran tersebut.

“Dugaan sementara penyebab kebakaran adalah korsleting listrik yang berasal dari dalam kantor, namun kami tetap akan melakukan upaya penyelidikan terkait dengan peristiwa kebakaran tersebut,” tuturnya.

Api baru berhasil di padamkan satu setengah jam kemudian atas bantuan 1 unit mobil pemadam kebakaran dan bantuan masyarakat.

Advertisements
penulis : Fachruddin Aji
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *