Kejuaraan Binaraga dan Fitness Porkab Mimika Ajang Jaring Atlet dan Prestasi

Kejuaraan Binaraga dan Fitness Porkab Mimika I Tahun 2023 di Gedung Eme Neme Yauware, Kamis (30/11/2023). (Foto: Ist)

TIMIKA | Kejuaraan Binaraga dan Fitness menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Mimika I Tahun 2023.

Kejuaraan yang berlangsung selama sehari, Kamis (30/11/2023) di Gedung Eme Neme Yauware, Kota Timika, Mimika, Papua Tengah dihadiri Ketua Umum Persatuan Binaraga Fitness Indonesia (PBFI) Pusat Irwan Alwi, Ketua PBFI Mimika Albert Omaleng, dan Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Mimika Simon Kasamol.

Kejuaraan ini sekaligus ajang penjaringan atlet untuk diikutkan dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Papua Tengah Tahun 2024.

Selain itu, dalam mempersiapkan atlet menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh – Sumatera Utara Tahun 2024. Sebab, menurut rencana akan ada kejuaraan nasional wilayah timur sebelum ajang PON.

Hal ini dikatakan Ketua Umum Persatuan PBFI Pusat Irwan Alwi, dalam sambutannya saat membuka Kejuaraan Binaraga dan Fitness.

“Porkab ini kita menjaring atlet untuk persiapan Porprov Papua Tengah di tahun depan (2024-red), tapi juga menjelang PON akan ada pembicaraan untuk akan ada rencana kejuaraan nasional wilayah timur itu digunakan untuk ajang pemanasan sebelum masuk PON,” kata Irwan.

Irwan melajutkan, Gedung Eme Neme Yauware yang dijadikan venue Kejuaraan Binaraga dan Fitness sangat layak untuk digelar kejuaraan nasional wilayah timur sebelum pelaksanaan PON XXI.

Namun hal itu tentunya harus ada persetujuan dari KONI Mimika. Sebab, selain digelar kejuaraan nasional juga akan dirangkai dengan kejuaraan lokal.

“Mimika sangat siap dengan venuenya. Sehingga kalau ada persetujuan Sekum KONI, kita buat kejuaraan nasional,” pungkas Irwan.

Sekretaris Umum Komite KONI Kabupaten Mimika Simon Kasamol, dalam sambutannya mengatakan, Porkab yang digelar ini sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah untuk mengembangkan prestasi olahraga.

“Bupati ingin sekali meningkatkan prestasi olahraga di Mimika, makanya Porkab ini diselenggarakan untuk ada muncul bibit- bibit baru prestasi olahraga di Mimika,” kata Kasamol.

Sementara itu, Ketua Panitia Kejuaraan Binaraga dan Fitness Iwangin Hugo mengatakan, Cabang Olahraga (Cabor) Persatuan Binaraga Fitness Indonesia Kabupaten Mimika merupakan cabor aktif dari 24 cabor yang ada di Kabupaten Mimika.

Menurutnya, kejuaraan ini bertujuan diantaranya, memasyarakatkan, mengembangkan, mempromosikan dan sekaligus meningkatkan prestasi olahraga Binaraga Fitness dikancah nasional maupun internasional sebagai pengabdian kepada bangsa dan negara dalam rangka membangun manusia seutuhnya dibidang olahraga prestasi.

Selain itu, untuk meningkatkan hubungan dan ikatan persaudaraan diantara anggota PBFI serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Tak itu itu, kejuaraan ini juga berfungsi memasyarakatkan dan mengembangkan prestasi Cabor Binaraga Fitness untuk mencapai prestasi olahraga secara optimal. “Dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia melalui pembinaan olahraga Binaraga Fitness dan menerapkan pola hidup sehat bagi masyarakat seutuhnya,” pungkas Hugo.

Hugo menambahkan, sebelum kejuaraan berlangsung dilaksanakan technical meeting pada Rabu 29 November 2023.

Dalam technical meeting atlet dibekali informasi tentang jalannya pertandingan termasuk timbang badan untuk Binaraga, dan ukur tinggi badan untuk pertandingan Man Sport Physicque.

Adapun jumlah peserta 36 atlet, terdiri dari 2 nomor pertandingan, yaitu Binaraga dan Man Sport Physique.

Untuk nomor Binaraga terdiri dari kelas 55 Kg, 60 Kg, 65 Kg, 70 Kg, 75 Kg, 80 Kg, 85 Kg diikuti 23 atlet, dan memperebutkan 7 medali emas, 7 perak serta 7 perunggu.

Sedangkan nomor Man Sport Physique, terdiri dari Man Sport Physic Up To 170 Cm dan Man Sport Physic Over 170 Cm diikuti 13 atlet, dan memperebutkan 2 medali emas, 2 perak serta 2 perunggu.

“KONI minta sistem yang dipakai adalah perunggu bersama.Jadi ada juara 1 medali emas, juara 2 perak dan juara 3 perunggu dan juara 4 perunggu. Jadi ada perunggu bersama untuk Binaraga dan Man Sport Physique,” pungkas Hugo.

Berikut pemenang untuk nomor Man Sport Physic:

Kategori dibawah 170 Cm.
1. Julkifli (Emas)
2. Arya Mulyanto (Perak)
3. Anjas (Perunggu)
4. Andi (Perunggu)

Kategori diatas 170 Cm;
1. Musdari (Emas)
2. Jamil Mustafa (Perak)
3. Kaleb Rumbrawer (Perunggu)
4. Boby Susanto (Perunggu)

Berikut pemenang untuk nomor Binaraga:

Kelas 55 Kg.
1. Yosafat (Emas)
2. Maickel Fafo (Perak)
3. Ivan (Perunggu)

Kelas 60 Kg.
1. Kules Reway (Emas)
2. Misel. S (Perak)
3. Yamko Opel (Perunggu)
4. Rian Christian (Perunggu)

Kelas 65 Kg.
1. Moh. Ilham (Emas)
2. Ajis Mulia (Perak)
3. Adam Royani (Perunggu)

Kelas 70 Kg.
1. Yulexi Pakage (Emas)
2. Panji Karimawijaya (Perak)
3. Stevanus (Perunggu)

Kelas 75 Kg.
1. Ardi (Emas)
2. Jarudin Bunga (Perak)
3. Batkunda (Perunggu)

Kelas 80 Kg.
1. Rama Putra (Emas)
2. Fernando. S (Perak)
3. Korwa (Perunggu)

Kelas 80-85 Kg.
1. Sahrullah (Emas)
2. M. Nur (Perak)
3. Eliza Serusiay (Perunggu)

 

penulis : Eci Mnsen
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *