Kerjasama Uncen, Papua Pegunungan Ingin Ciptakan Atlet Berprestasi PON XXI

Kadisorda Papua Pegunungan, Marthen Medlam. (Foto: Vidi/Seputarpapua)
Kadisorda Papua Pegunungan, Marthen Medlam. (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua Pegunungan, Marthen Medlam berkomitmen untuk menciptakan atlet berprestasi pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara tahun 2024 mendatang.

Demi wujudkan hal tersebut Pemprov Papua Pegunungan sudah menjalin kerjasama bersama Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Cenderawasih.

“Kami di bulan lalu sudah lakukan kerjasama dengan Universitas Cenderawasih dalam hal ini Fakultas Ilmu Keolahragaan untuk membina para atlet kita bukan hanya untuk PON nanti, tetapi juga untuk pembinaan prestasi di daerah lebih terukur kedepan,” kata Marthen via telepon selulernya, Jumat (9/2/2024).

Dia menyadari pentingnya kerjasama itu, mengingat perkembangan olahraga sudah jauh pesat dari sebelumnya. Oleh karena itu, dia mengaku tak hanya ingin menjadi peserta semata saja, melainkan ingin berprestasi di PON XXI.

“Jadi kita ingin para atlet Papua Pegunungan mendapatkan ilmu sport sains dan kita butuh pakar untuk membina. Meski dinilai fisik kita kuat, tapi kita butuh di backup oleh pengetahuan yang baik dan benar tentang menjadi seorang atlet berpotensi dan kualitas,” ujarnya.

Selain itu, kerjasama tersebut diakui telah mendapatkan dukungan penuh dari Pj. Gubernur Velix Wanggai.

“Saya mau terima kasih kepada para dosen di Fakultas Ilmu Keolahragaan Uncen, sekaligus bapak penjabat yang mendukung penuh kerjasama ini, karena kita tidak mau ikut PON untuk seremonial saja, tapi ingin berprestasi dapat medali dan bersaing dengan peserta PON lainnya,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya bahwa Provinsi Papua Pegunungan akan mengirimkan 13 Cabang Olahraga (Cabor) perorangan yang diperkuat masing-masing dua atlet.

13 cabor itu merupakan kekhususan atau mendapatkan wildcard tanpa harus melewati babak pra-kualifikasi PON.

Selain 13 cabor, Papua Pegunungan juga mengirimkan cabor futsal dan sepakbola yang lolos pra-PON untuk wilayah Daerah Otonomi Baru (DOB).

penulis : Vidi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *