KONI Harapkan Kunjungan Wapres Realisasikan Papua Jadi Provinsi Olahraga

Ketua KONI, Kenius kogoya
Ketua KONI Papua, Kenius Kogoya. (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua mengharapkan kedatangan Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin ke tanah Papua bisa mewujudkan Papua sebagai Provinsi Olahraga.

Demikian disampaikan Ketua Umum KONI Provinsi Papua, Kenius Kogoya di Kota Jayapura, Papua, Selasa (10/10/2023).

“Kami mengharapkan dengan adanya kunjungan Wapres di ujung kepemimpinan atau diakhir tahun ini untuk Papua, kita berharap dalam hal pembangunan olahraga, bisa secepatnya kemudian aspirasi Papua sebagai Provinsi Olahraga untuk direaliasi,” kata Kenius Kogoya.

Ia mengungkapkan Provinsi Olahraga bukan hanya omongan semata, melainkan harus diwujudkan dengan adanya peraturan yang mendasarinya secara kuat.

“Karena itu bukan sekedar omongan belaka atau pernyataan-penyataan yang dikeluarkan oleh pemimpin-pemimpin kita, kita berharap Wakil Presiden dan Presiden untuk realisasi bagaimana Papua bisa terwujud untuk Provinsi Olahraga,” harapnya.

Diketahui, saat ini Wapres RI berkantor di Kantor Gubernur Papua dengan menghadiri sejumlah agenda seperti, menerima para tokoh pegiat kemanusiaan Hak Asasi Manusia dan Perdamaian, para pimpinan Asosiasi Pengusaha Asli Papua serta memimpin Rapat Koordinasi Badan Pengarah Papua (BPP) terkait kesiapan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan sentra sarana dan prasarana pemerintah provinsi di 4 daerah otonom baru (DOB) Papua dan kebijakan pendukung lainnya.

“Sebelum kedua beliau turun dari posisi Presiden dan Wapres mengakhiri jabatan, mudah-mudahan sudah ada regulasi untuk Papua sebagai provinsi olahraga. Karena itu didalamnya akan sangat banyak turunanya dalam hal kaitannya dengan bicara grand desain pembinaan olahraga di Papua atau daerah menuju olahraga olimpiade yang direncanakan di Indonesia pada 2045 mendatang,” tandasnya.

penulis : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *