KPU Mimika Mulai Distribusikan Logistik Pemilu

Pick Up yang mengangkut Logistik Pemilu 2024 menuju bandara untuk di distribusikan ke wilayah Distrik Alama. (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)
Pick Up yang mengangkut Logistik Pemilu 2024 menuju bandara untuk di distribusikan ke wilayah Distrik Alama. (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)

TIMIKA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika, Papua Tengah, hari ini, Sabtu (10/2/2024) mulai mendistribusikan logistik pemilu yakni surat suara. Pendistribusian logistik pemilu ini dilakukan pertama-tama untuk wilayah yang jauh di daerah itu.

Ketua KPU Mimika Dete Abugau mengatakan, sesuai jadwal tahapan distribusi logistik pemilu dimulai pada 8 sampai 10 Februari 2024 dimulai dari wilayah jauh.

“Tanggal 10 Februari, kita mulai distribusi khusus untuk distrik Alama dan sesuai pleno kemarin distrik-distrik jauh seperti pesisir dan pegunungan itu diutamakan,” katanya Dete saat di temui di Gedung Eme Neme Yauware, Sabtu.

Dete melanjutkan distribusi dibagi menjadi dua waktu yakni pagi untuk distrik pegunungan dan siang hingga sore untuk distrik wilayah pesisir.

Ia menjelaskan, sebanyak 75 kotak suara didistribusikan ke Alama menggunakan transportasi udara dengan jarak tempuh 60 menit.

“Jadi ke Alama ini ada sekitar 15 Tempat Pemungutan Suara (TPS),” ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga sudah memetakan daerah mana yang akan sulit dijangkau untuk pendistribusian logistik pemilu.

“Kami sudah petakan dan semua akan dipusatkan di kantor distrik,” tutupnya.

Sementara itu menurut data KPU Mimika di Alama terdapat 11 wilayah yang terdapat TPS di dalamnya yakni Alama terdapat 2 TPS, Bemoki 1 TPS , Enggin 2 TPS , Geselema 3 TPS , Jenggelo 1 TPS, Kilmit 1 TPS, Purua 1 TPS, Senawak 1 TPS, Tagaralma 1 TPS, Unimogom 1 TPA, Wuarem 1 TPS. Berdasarkan data tersebut total TPS yang ada di Distrik Alama sejumlah 15.

Selanjutnya untuk jumlah surat suara yang didistribusikan sebanyak 2.038 dengan rincian laki-laki 1.137, perempuan 901.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *