LPPD Mimika Datangkan Pelatih Pendamping Persiapan Pesparawi di Keerom

Peserta Lomba Paduan Suara Dewasa Campuran (PSDC) berlatih di Gereja Marten Luther Timika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Peserta Lomba Paduan Suara Dewasa Campuran (PSDC) berlatih di Gereja Marten Luther Timika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Kabupaten Mimika, Papua Tengah mendatangkan pelatih pendamping untuk persiapan Pesaparawi Provinsi Papua di Kabupaten Keerom.

Ketua LPPD Mimika, Anton Tapipea mengatakan, LPPD telah melaksanakan rapat pada 23 Februari 2023, diputuskan untuk mendatangkan pelatih sebagai konsultan pendamping dari Jayapura.

Pelatih pendamping yang didatangkan ini adalah Agus Samory, salah satu pelatih profesional dari Jayapura yang juga satu-satunya orang Papua yang masuk dalam kepengurusan Lembaga Pengembangan Pesparawi Nasional.

Advertisements

“Dalam waktu tiga hari beliau di Timika lakukan pendampingan dan mengawal latihan peserta paduan suara enam kategori,” kata Anton di Gereja Marthen Luther, Jalan Yos Soedarso Mimika, Selasa (27/2/2024).

Salah satu tujuan didatangkan pelatih pendatang ini, ialah untuk meningkatkan kemampuan peserta dengan lagu-lagu yang sudah dipatenkan LPPD Provinsi Papua.

Enam kategori paduan suara dan kategori band akan diikuti oleh lebih dari 200 peserta dari Mimika yang akan bertanding dengan kabupaten lain di tanah Papua.

Lagu wajib dan pilihan sudah diberikan oleh LPPD Papua pada technical merting sebelumnya, dimana pada technical meeting itu ada perubahan lagu yang dipatenkan.

Enam kategori yang diikuti diantaranya, Paduan Suara Remaja, Paduan Suara Dewasa Campuran, Paduan Suara Musik Gereja Nusantara, Paduan Suara Anak, Paduan Suara Wanita dan Paduan Suara Pria.

Pelatih Pendamping, Agus Samory, mengungkapkan, peserta lomba paduan suara dari Mimika secara keseluruhan 90 persen, sudah sangat baik untuk materi bernyanyi. Sehingga untuk pelatihan ini difokuskan untuk penghafalan lagu-lagu yang dipatenkan.

“Dari mereka materi menyanyi 90 persen sudah baik. Jadi kita fokus latihan menguasai teks lagu yang sudah dipatenkan,” kata Agus yang juga Koordinator Bidang Penyelenggara LPPD Provinsi Papua.

Advertisements

Ia menambahkan, selain menghafal lagu, para peserta juga diingatkan untuk membangun chemistry sesama penyanyi.

penulis : Anya Fatma
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan