Orpa Susana Kambuaya Kambu Terima Apresiasi Bunda PAUD 2023

Orpa Susana Kambuaya Kambu Terima Apresiasi Bunda PAUD 2023
Orpa Susana Kambuaya Kambu saat menerima Apresiasi Bunda PAUD 2023 di Jakarta. (Foto: Disdik Asmat)

ASMAT | Bunda PAUD Kabupaten Asmat Orpa Susana Kambuaya Kambu menjadi pemenang penghargaan Apresiasi Bunda PAUD 2023.

Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD 2023 tingkat nasional itu diselenggarakan oleh Direktorat PAUD Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia dari tanggal 7-8 November 2023 di Hotel Mercure Convention Center Ancol, Jakarta.

Orpa Susana Kambuaya Kambu berada diurutan kedua yang menerima penghargaan Apresiasi Bunda PAUD untuk Kabupaten Daerah Tertinggal dengan kategori Wiyata Darma Utama.

Orpa Susana Kambuaya Kambu mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada Bunda PAUD lantaran menjalankan peran dan tugas secara optimal mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan menuju PAUD yang berkualitas.

Kemudian meningkatkan peran serta dan partisipasi Bunda PAUD dalam mendorong terwujudnya tiga perubahan praktik pembelajaran, diantaranya menghilangkan tes calistung pada saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SD. Menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama di PAUD dan SD, serta menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak di PAUD dan SD dalam implementasi gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Asmat yangmana telah mendukung penuh kegiatan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di Kabupaten Asmat,” ucap Orpa.

Bunda PAUD adalah predikat yang diberikan kepada istri kepala pemerintahan/kepala daerah mulai Gubernur, Bupati/Walikota, Camat, hingga Kepala Desa/Lurah sebagai penggerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan bagi anak usia dini (0-6 tahun) guna mendukung terwujudnya penyelenggaraan PAUD Berkualitas dengan layanan holistik integratif.

Apabila kepala pemerintahan/kepala daerah tidak atau belum memiliki pasangan, maka predikat Bunda PAUD di wilayah tersebut didelegasikan kepada istri dari wakil kepala pemerintahan atau
kepala daerah atau yang ditunjuk.

Peran Bunda PAUD adalah sebagai sosok mitra utama, tokoh sentral, figur ibu dalam gerakan nasional PAUD Berkualitas dengan layanan holistik integratif di setiap jenjang pemerintahan.

Keberadaan Bunda PAUD diharapkan dapat memotivasi masyarakat dan para pemangku kepentingan PAUD untuk menyediakan layanan PAUD berkualitas dengan layanan holistik integratif.

penulis : Elgo Wohel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *