Papua Muda Inspiratif Berikan Pelayanan Kesehatan Kepada Anak TK Nangmora

Tim Papua Muda Inspiratif memberikan pelayanan kesehatan kepada anak TK Nangmora, Rabu (29/3/2023). (Foto: Arifin/ Seputarpapua)
Tim Papua Muda Inspiratif memberikan pelayanan kesehatan kepada anak TK Nangmora, Rabu (29/3/2023). (Foto: Arifin/ Seputarpapua)

TIMIKA | Papua Muda Inspiratif (PMI) mengadakan program Papua Care Health (Papua Peduli Kesehatan) kepada anak-anak Yayasan Gerbang Terang Timur TK Nangmora, di Jalan Agimuga, Mile 32, Lorong Nangmora, Distrik Kuala Kencana, Timika, Papua Tengah, Rabu (29/3/2023).

Sekertaris Bidang Pendidikan dan Kesehatan PMI, Dr. Obed N.Naa menyampaikan, dalam kegiatan ini pihaknya mengajarkan terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti mencuci tangan, sikat gigi dan lainnya.

Selain itu, dilakukan pemeriksaan kesehatan seperti gigi, mulut, telinga secara umum.

Advertisements

“Misalkan kita dapat anak-anak yang kakinya luka dan sebagian anak-anak disini mempunyai kesehatan yang kurang baik seperti batuk dan pilek, kita kasih obat,” ujarnya.

Dengan kondisi anak-anak yang sering main kehutan, cuaca yang kurang baik, kata Obed, akan mudah terkena sakit.

“Tadi terdapat beberapa anak yang terkena infeksi dibagian telinga karena keseringan  mandi di sungai,” terangnya.

Ia berharap, kedepannya dapat berkoordinasi dengan instansi terkait, agar memberikan pelayanan kesehatan melalui puskesmas keliling. Sehingga dapat memberikan pelayanan kepada anak-anak ini, mengingat lokasinya cukup jauh.

Sementara, Ketua PMI Mimika Firsa Lakobal mengatakan, ini merupakan program pertama PMI, dimana dilakukan pelayanan pendidikan dan kesehatan.

“Kegiatan ini rutin akan kita lakukan,” kata Firsa.

Menurut Firsa, program ini diperuntukan untuk umum, akan tetapi dimana lebih cenderung ke sekolah-sekolah terpencil karena anak-anak lokal.

Advertisements

“Kita tahu anak-anak lokal, dari usia dini punya tingkat kesehatan dan tingkat gizi mereka,” ucap Firsa.

Ia berharap, dengan kegiatan ini dapat mengingatkan orang tua akan pentingnya kesehatan bagi anak-anaknya, karena kesehatan berawal dari orang tua.

Advertisements

Sementara itu, Ketua Yayasan TK Nangmora, Araminus Omaleng menyambut dengan baik program PMI dalam bidang pelayanan kesehatan dan pendidikan.

“Mereka ini semua anggota PMI yang memang anak muda dan pada dasarnya datang langsung melayani anak-anak kita di TK Nangmora,” kata Araminus.

Dengan kebiasaan anak-anak saat datang bersekolah itu terlihat sangat lemah, sehingga bisa berdampak atau berpengaruh pada kesehatannya.

Advertisements

“Kita di TK Nangmora memang kesehatan ini sesuatu kebutuhan yang paling dasar sekali yang sedang dibutuhkan oleh anak-anak disini,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan hadirnya PMI dengan program pelayanan pendidikan dan kesehatan dapat melengkapi sisi kekurangan pengajar disini.

“Kita anak-anak mudah mau itu PMI atau organisasi apapun yang ada di Kabupaten Mimika, kita saling bahu membahu memaksimalkan SDM bagi generasi Amungme di sini,” ucapnya.

penulis : Arifin Lolialang
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan