Pemkab Mimika Adakan Forum OPD Selaraskan Program Daerah

Foto bersama pimpinan OPD pada pembukaan Forum OPD, Kamis (30/3/2023). (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Foto bersama pimpinan OPD pada pembukaan Forum OPD, Kamis (30/3/2023). (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Pemkab Mimika melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mimika, Papua Tengah, menyelenggarakan forum organisasi perangkat daerah (OPD) di salah satu hotel di Jalan Cenderawasih, Kamis (30/3/2023).

Pembukaan forum OPD dihadiri staf ahli, asisten, para pimpinan OPD dan kepala-kepala distrik se Mimika.

Asisten I Sekretariat Daerah Mimika, Paulus Dumais mengatakan, penyelenggaraan forum OPD merupakan bagian dari tahapan penyusunan perencanaan pembangunan daerah untuk menentukan prioritas program dan kegiatan pembangunan Kabupaten Mimika tahun 2024.

Advertisements

Perencanaan pembangunan ini diselaraskan dengan rencana kerja (renja) perangkat daerah dan bermuara pada rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) dan rancangan anggaran pendapatan belanja daerah atau RAPBD.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat merumuskan rencana pembangunan Kabupaten Mimika nantinya ke arah yang lebih baik dengan mengakomodir kebutuhan masyarakat.

Diharapkan, seluruh mekanisme dan tahapan penyusunan perencanaan pembangunan sebagaimana diatur dalam Permendagri nomor 54 tahun 2010 tentang pelaksanaan PP nomor 8 tahun 2008.

“Perlu saya ingatkan kepada seluruh kepala OPD dan kepala distrik bahwa pembahasan pada forum OPD ini harus mempertimbangkan dan disejalankan dengan arah pembangunan serta fokus sasaran pembangunan dan mewujudkan implementasi inovasi dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Para Kepala OPD dan kepala distrik dalam melaksanakan pembahasan menentukan prioritas program dan kegiatan pembangunan tahun anggaran 2024, dengan merespon aspirasi masyarakat yang telah disepakati dalam musrembang distrik sebelumnya.

Dalam menentukan program, harus disesuaikan dengan arah kebijakan dan prioritas pembangunan dengan tetap meperhatikan tiga hal berikut:

1. Dokumen Renja-OPD tetap berpedoman pada Renstra OPD tahun 2024 dan mengacu pada rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun anggaran 2024;

Advertisements

2. Mengevaluasi pelaksanaan Renja-OPD tahun lalu berdasarkan Renstra-OPD termasuk program/kegiatan yang belum terselesaikan dan masih perlu untuk dilanjutkan;

3. Merumuskan prioritas program dan kegiatan, indikator yang terukur, kelompok sasaran, lokasi dan pagu indikatif dari setiap OPD.

Advertisements

Forum OPD akan dilaksanakan selama dua hari, di hari pertama untuk pembahasan dengan Distrik Mimika Baru, Kuala Kencana, Mimika Timur, Mimika Barat Tengah, Mimika Barat, Wania, Hoeya, Alama dan Distrik Amar.

Sedangkan untuk distrik lainnya akan dilanjutkan pembahasan pada Jumat (31/3/2023).

Ketua Panitia Forum OPD, Yosep Manggasa menjelaskan, tujuan forum OPD ini untuk menyelaraskan program dan kegiatan daerah dengan program kegiatan hasil musrenbang distrik.

Advertisements

Tujuan lainnya ialah untuk mempertajam indikator serta target program kegiatan perangkat daerah sesuai tugas perangkat daerah.

“Menyesuaikan pendanaan program kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah,” kata Yosep.

penulis : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan