Pemprov Papua akan Hibahkan 10 Venue PON XX, Salah Satunya Futsal Timika

GOR Futsal Timika (Foto: Saldi/Seputarpapua)
GOR Futsal Timika (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Pemerintah Provinsi Papua akan menghibahkan 10 Venue yang digunakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua.

10 venue yang akan dihibahkan adalah Volly Indor dan Pasir yang berlokasi di Koya akan dihibahkan kepada Polda Papua, kemudian Softball dan Baseball berlokasi di Kompleks Auri, Sentani akan dihibahkan kepada pihak Auri, selain itu Auri juga akan menerima Hibah Venue menembak Outdoor dan Rugby.

Satu venue Softball dan Baseball juga dikawasan Uncen akan dihibahkan ke pihak Uncen, Jayapura Venue Panahan yang berada di Kampung Harapan akan dihibahkan ke pihak Kingmi, GOR Gidi di STT Gidi akan dihibahkan kepada pihak STT Gidi, Venue Tennis yang berada di Kantor Wali Kota Jayapura akan dihibahkan ke Pemkot Jayapura, Gor Futsal di Timika akan dihibahkan kepada pihak Pemkab Mimika, Venue panahan yang berada di Kampung Harapan akan dihibahkan kepada pihak Kingmi.

“Jadi kita serahkan karena waktu itu kita mencari tanah sangat susah sekali akhirnya mereka memberikan tanahnya untuk dibangun venue sehingga kita hibahkan kepada mereka, paling banyak memang dari Auri,” kata Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua Alexander Ky Kapisa,ST dalam kegiatan Kick Off Papua Menuju Provinsi Olahraga di Timika, Kamis (12/5/2022).

Dijelaskan untuk di Mimika ada satu Venue yang pembangunannya menelan biaya 77 Miliar yakni Futsal yang akan dihibahkan kepada Pemkab Mimika dan secara keseluruhan Venue yang dibangun oleh Provinsi Papua bernilai Rp2,5 Triliun.

Selain Venue juga Pemprov akan menghibahkan peralatan dan perlengkapan yang dulunya pengadaan bersumber dari APBN Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI untuk kegiatan PON XX tahun 2021.

Alexander menjelaskan jika ada peralatan yang cabang olahraganya di Timika kemudian tidak ada venue, maka peralatannya akan ditarik ke Provinsi.

Kemudian ia berharap nantinya penerima Hibah seperti dari Pemda Mimika harus membuat tim penerima hibah dari unsur antara lain BPKAD, juga Dinas Pemuda dan Olahraga.

“Kita berharap satu atau dua minggu kedepan proses penerimaan hibah sudah berlangsung, lebih cepat akan lebih baik,” ungkapnya.

Ia juga berpesan agar jika nantinya proses hibah sudah selesai, sebaiknya pemda menyerahkan ke pihak ke tiga yang mengelola karena terkait dengan pembiayaan.

“Kalau bisa pihak ketiga yang mengelolanya sebab anggaran untuk perawatannya sangat besar sehingga jika pihak ketiga yang kelola bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan uang agar bisa untuk perawatan. Yang paling berat adalah memelihara kalau sudah pelihara baru tidak ada event, maka rugi besar sekali. Kita harus ada road map dalam pemanfaatan,” Pungkasnya.

reporter : Kristin Rejang
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.