Polda Papua, Kodam Cenderawasih dan Pangkogab Wilhan III bagi Tugas Bebaskan Pilot Susi Air

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri. (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri. (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri menuturkan upaya pembebesan pilot susi air yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terus dilakukan.

“Khususnya untuk penanganan sandera yang terjadi di Paro, Kabupaten Nduga beberapa waktu lalu, kami masih melakukan pendalaman-pendalaman penuh dengan ekstra kehati-hatian,” kata Kapolda saat ditemui wartawan di hotel yang berada di Jalan Cenderawasih, Mimika, Papua Tengah, Minggu (30/4/2023).

Kapolda mengatakan, TNI-Polri akan menyiapkan langkah-langkah penindakan dan penegakan hukum yang tegas dan terukur untuk mendapatkan hasil maksimal.

“Penyanderaan pilot susi air ini, pihaknya sudah mendapatkan banyak hal yang sudah dilaporkan oleh Kepala Operasi (Ka Ops) Damai Cartentz dan rekan-rekan dari Satgas lain,” ujar Kapolda.

Laporan tersebut nantinya jadi bahan pertimbangan dirinya selaku pimpinan kewilayahan Polda Papua, sehingga bisa dilakukan evaluasi internal di Polda Papua dan akan disampaikan ke pimpinan Polri untuk menyiapkan langkah-langkah strategis berikutnya.

“Saya sudah dapat laporan dan jadi bahan evaluasi,” katanya.

Selain itu kata Kapolda, dirinya bersama Pangkogab Wilhan III dan Pangdam XVII Cenderawasih sudah membagi tugas terkait pembebasan pilot. Polda Papua bertugas sebagai negoisator, sementara Pangdam XVII Cenderawasih membantu Satgas Damai Cartentz dalam melaksanakan penegakan hukum.

“Sebagai negosiator, kami sudah melakukan kurang lebih selama 2 bulan ini. Dimana, kami berkoordinasi dengan beberapa pihak termasuk Bupati Nduga, ” terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *