Respon Arahan Pj Gubernur Papua Tengah, Bupati Mimika Lakukan Monitoring dan Evaluasi

Suasana rapat monitoring dan evaluasi yang digelar di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Mimika, Selasa (5/9/2023). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Suasana rapat monitoring dan evaluasi yang digelar di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Mimika, Selasa (5/9/2023). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang baru saja kembali menduduki jabatannya setelah pengaktifan kembali dan serah terima jabatan pada Senin 4 September 2023, langsung menggelar rapat monitoring dan evaluasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintahan Kabupaten Mimika.

Rapat monitoring dan evaluasi tersebut digelar secara tertutup di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Mimika, Selasa (5/9/2023).

Rapat itu digelar guna menindaklanjuti arahan dari Penjabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk yang memberi perhatian khusus pada lambatnya progres pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023.

Advertisements

Dalam rapat tersebut, Bupati Eltinus Omaleng didampingi Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika Dominggus Robert Mayaut.

Ditemui sebelum rapat digelar, Bupati Omaleng menyatakan monitoring ini dilakukan untuk melihat kendala yang dihadapi oleh setiap OPD. Pasalnya, dari sisi serapan anggaran, hingga saat ini baru mencapai 35 persen.

“Jadi ini kita cek di semua OPD karena masih sangat rendah,” katanya.

Rendahnya serapan ini pula dikatakan Bupati membuat DPRD masih enggan untuk membahas APBD Perubahan (APBD-P) tahun 2023.

Sehingga digelarnya rapat ini karena Bupati ingin mendapatkan informasi secara langsung dari OPD, agar pembahasan APBD Perubahan bisa dipercepat dan pembangunan bisa terealisasi. Apalagi dalam setahun terakhir dengan APBD yang mencapai Rp5 triliun, Bupati menilai tidak ada progres pembangunan yang terjadi.

Adapun pembangunan yang berjalan seperti jalan Cenderawasih yang telah selesai, pembangunan jalan Mile 32 – Gorong-gorong, jalan Mayon dan jalan SP 2 – SP 5, adalah proyek lanjutan yang sebelumnya digagas Bupati dan sudah menerapkan kontrak multiyears. Tetapi di tahun 2023 tidak ada pembangunan baru yang nampak.

Seperti diketahui, setelah aktif kembali menjabat pada Senin kemarin, Bupati Mimika Eltinus Omaleng langsung melaksanakan tugas pemerintahan dengan mengganti Sekda dan melantik kembali tiga pejabat yang sebelumnya di nonaktifkan.

Advertisements

 

penulis : Fachruddin Aji
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan