Siapkan Strategi Pencegahan, Dinkes Imbau Atlet Tak Khawatir Datang di Mimika

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika memastikan sudah menyiapkan strategi dalam menghadapi PON XX Papua baik terkait penanganan dan pencegahan Covid-19 mau pun malaria.

Kepala Dinas Kesehatan Mimika Reynold Ubra mengatakan, semua akan dilakukan screening pemeriksaan Covid-19 dan malaria mulai dari pembagian obat dan memberikan informasi bagaimana menghindari malaria.

“Banyak Technical Delegate (TD) dan atlet yang bertanya kepada saya apakah masuk Mimika perlu obat malaria, saya bilang tidak perlu. Tidak perlu pakai kelambu juga,” kata Reynold ketika diwawancarai, Senin (13/9/2021).

Reynold menjelaskan, tugas pengendalian malaria adalah mengendalikan vektor, deteksi, kemudian pantau perkembangan atlet maupun official yang ada.

“Jadi nyamuknya yang kita kendalikan. Selain itu, informasi kesehatan juga menjadi penting misalnya atlet-atlet jam 18.00 WIT sampai besok paginya jangan duduk di luar hotel, kalau harus duduk di luar pakai celana panjang dan baju lengan panjang, memakai lotion anti nyamuk,” katanya.

Ada juga, lanjut dia, beberapa cabor yang melakukan pertandingan di malam hari, maka venuenya disemprot, dan semua bidang kesehatan akan benar-benar bekerja mulai minggu ini. 

Kata Reynold, di venue dan hotel sudah ada strategi medical station yang akan mengawal pertandingan dari dua jam sebelumnya hingga setelah pertandingan dan akan disesuaikan dengan jumlah pertandingan per hari.

“Ada juga tim medical center di Mimika semuannya akan di pusatkan di rumah sakit, kemudian akan ada juga ditempat penginapan atlet dan semua yang terlibat dalam PON, hotel, venue, kita usahakan semua ada poliklinik, akan ada tenaga kesehatan yang 24 jam menjaga jika ada atlet maupun yang lainnya ada keluhan kesehatan,” katanya.

“Jumlah Nakes juga akan dilihat ketersediaannya karena belum fix juga rapatnya dari provinsi, kalau nanti kekurangan, apakah akan di backup, kita masih belum tau. Tapi minimal di satu venue itu ada 7 sampai 9 nakes yang akan di pimpin oleh dokter. Tenaga banyak dan sudah dilatih, semua bidang minggu ini mulai rapat koordinasi dan simulasi, kamis akan rapat dan jumat kita publikasikan hasil kerja kita,” jelas Reynold.

Ia pun berharap agar para atlet, official serta pengunjung yang datang di Mimika tidak perlu khawatir.

“Para atlet, tidak perlu takut atau khawatir, bahkan setelah pulang dari Mimika akan dipantau dua bulan,” pungkasnya.

reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.