Uncen Gandeng Freeport Berikan Kuliah Umum dan Pelatihan Mahasiswa

Uncen Gandeng Freeport Berikan Kuliah Umum dan Pelatihan Mahasiswa
Foto bersama mahasiswa Uncen dan para pemateri. (Foto: Ist)

TIMIKA | Universitas Cenderawasih (Uncen) menggandeng PT Freeport Indonesia (PTFI) mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) Papua berbasis budaya.

Mengawali program tersebut, Uncen menggelar kuliah tamu dan pelatihan peningkatan kapasitas untuk mahasiswa FISIP Uncen di Aula FISIP Uncen, Jumat hingga Sabtu 16 sampai 17 Februari 2024.

Dekan FISIP Universitas Cendrawasih Marlina Flassy mengatakan, Uncen peduli terhadap pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Papua, sehingga mempersiapkan mahasiswanya saat memasuki usia angkatan kerja dengan menggandeng PTFI.

Advertisements

“Untuk itu FISIP Uncen menggandeng perusahaan (PTFI) untuk memberikan pandangan terkait peluang kerja bagi mahasiswa ketika lulus nanti,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima media ini, Senin (19/2/2024).

Marlina menjelaskan kuliah umum merupakan pembukaan kuliah semester genap tahun ajaran 2023/2024 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Uncen. Tema yang diangkat adalah Pembangunan SDM Berbasis Budaya Papua: Overview Budaya Papua, Peluang Tenaga Kerja, Manajemen PT Freeport Indonesia.

“Kuliah umum ini diharapkan menambah ilmu pengetahuan mahasiswa, manajemen, dan dosen FISIP Universitas Cendrawasih. Sekaligus melengkapi kurikulum kampus dan menyegarkan kembali ilmu pengetahuan yang didapat mahasiswa selama kuliah agar dapat maju di era globalisasi dan persaingan yang makin ketat di dunia kerja,” paparnya.

Marlina juga mengapresiasi keterlibatan langsung PTFI dalam capacity building FISIP Uncen dan menilai PTFI sebagai mitra utama dalam kerjasama pengembangan SDM Papua.

“Sesuai dengan tema pelatihan ‘Servant Leadership’, ini adalah contoh nyata kerja sama dan pelayanan yang baik antara Uncen dan Freeport Indonesia,” katanya.

Pembicara pada kuliah umum antara lain Pakar Antropologi Uncen Profesor Dr. Fredrik Sokoy,S.Sos.,M.Sos; Vice President Papuan Affairs PTFI Soleman Faluk, Tenaga Ahli Corporate Communications Kerry Yarangga, dan Tim External Corporate Communications Arland Suruan.

Profesor Fredrik menyampaikan pandangan dan solusi pengembangan SDM Papua berbasis budaya lokal Papua, sedangkan Tim PTFI berbagi kiat dan upaya-upaya dalam mencari dan mendapatkan pekerjaan, serta memanfaatkan beragam peluang di masa depan.

Advertisements

Soleman Faluk mengatakan kerja sama Uncen dengan PTFI telah terjalin sangat baik. PTFI mendukung upaya Uncen dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi peluang dan tantangan kerja setelah menyelesaikan pendidikan di universitas.

Salah satu bentuk dukungan adalah pelatihan peningkatan kapasitas himpunan mahasiswa FISIP Uncen. Himpunan mahasiswa yang mengikuti pelatihan antara lain dari jurusan Hubungan Internasional, Antropologi, Kesejahteraan Sosial, Administrasi Publik dan Ilmu Pemerintahan.

Advertisements

Tujuan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan (skill), sikap (atitude), perilaku (behavior) yang mengerti arah, tujuan dan misi organisasi kemahasiswaan serta memilki kemampuan beradaptasi dengan perubahan lingkungan dan pembangunan.

“PTFI terus berupaya memberikan kontribusi terbaik bagi Indonesia, khususnya Tanah Papua melalui pembangunan kapasitas SDM Papua di bidang pendidikan, peluang karir, dan pemberdayaan ekonomi lokal,” kata Faluk.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan