2023, BNNK Mimika Tangani 2 Kasus

2023, BNNK Mimika Tangani 2 Kasus
Kepala BNNK Mimika Kompol Mursaling saat ditemui wartawan di Pelataran Kantor PN Klas II Kota Timika, Selasa (9/1/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Mimika, Papua Tengah, sepanjang tahun 2023 hanya menangani 2 kasus tindak pidana penyalahgunaan narkotika.

Kepala BNNK Mimika Kompol Mursaling saat ditemui wartawan di pelataran Kantor Pengadilan Negeri (PN) Klas II Kota Timika pada Selasa (9/1/2024) mengungkapkan, kedua kasus itu sudah seluruhnya dilimpahkan ke Kejaksaan.

“Kedua kasus tersebut terkait dengan penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu,” katanya.

Advertisements

Menurut Mursaling, kasus yang ditangani BNNK Mimika tahun 2023 lebih rendah dibandingkan tahun 2022 yang tercatat sebanyak 4 kasus.

“Artinya ada penurunan, sehingga bisa (disimpulkan) kegiatan yang dilakukan BNNK dengan Polres berupa sosialisasi, edukasi, penyampaian informasi termasuk deteksi dini (tes urine) masyarakat sudah sadar dampak narkotika baik secara hukum, sosial dan ekonomi,” tuturnya.

Mursaling melanjutkan, berdasarkan pemetaan yang dilakukan pihaknya ada 3 jenis narkotika yang beredar di Mimika yakni sabu, ganja dan tembakau sintetis (sinte).

“Selama ini dari hasil penelusuran dan pemetaan maupun pengungkapan BBNK dan Polres Mimika ada (narkotika) yang masuk melalui Surabaya, Makassar, dan Jayapura,” ungkapnya.

Mursaling menegaskan, melakukan penyalahgunaan atau memakai jenis narkotika apapun tidak berguna, dan berdampak buruk serta merusak kesehatan.

“Mari kita semua pihak wujudkan Mimika berisinar atau bersih dari narkoba,” tutupnya.

 

Advertisements
penulis : Fachruddin Aji
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *