Api Obor Menghangatkan Pembukaan Porprov Papua Selatan

Api Obor Menghangatkan Pembukaan Porprov Papua Selatan
Penyalaan api obor ke tungku obor Porprov ke 1 Papua Selatan oleh Sekda PPS Drs. Madaremmeng. (Foto: Getrud)

MERAUKE | Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Papua Selatan ke 1 tahun 2023 resmi digelar dengan ditandai penyalaan api obor di Stadion Katalpal Merauke, Rabu (1/11/2023) sore, setelah api obor dibawa dari Universitas Musamus.

Sebelum api obor tiba di Stadion Katalpal, para peserta dari Kabupaten Mappi, Asmat, Boven Digoel, dan Merauke melakukan devile sambil membawa bendera dari luar memasuki stadion.

Ketua Panitia Porprov ke 1 tahun 2023 Soleman Jambormias mengatakan, Porprov pertama Papua Selatan ini menjadi sebuah peristiwa penting bagi masyarakat Selatan, sebab acara ini tidak hanya memberikan wadah untuk kompetisi olahraga tetapi menjadi sarana bagi pengembangan bakat dan semangat persatuan bagi masyarakat Papua Selatan.

“Porprov bertujuan untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan olahraga, mencari dan mengembangkan minat dan bakat bagi masyarakat dalam dunia olahraga, meningkatkan rasa persatuan dan kerjasama antara masyarakat, dan memperkuat infrastruktur olahraga di wilayah Papua Selatan,” ucap Soleman dalam laporannya.

Porprov diselenggarakan dalam rentan waktu 2 minggu, mulai 1 sampai 9 November 2023. “Walau demikian karena jadwal transportasi dan lain-lain, sehingga ada beberapa cabang olahraga yang sudah duluan dipertandingkan dan sedang berlangsung hingga pembukaan resmi ini,” lanjut Soleman.

Empat kabupaten telah dan akan berlomba-lomba untuk memperebutkan emas pada 12 Cabor yakni silat, karate, taekwondo, bulutangkis, basket, bola voli, futsal, catur, tenis meja, atletik, biliar, dan sepak bola yang diselenggarakan pada delapan venue olahraga yang berada di Kota Merauke.

Porprov perdana ini melibatkan 822 atlet dan 103 official dengan pembiayaan Porprov berasal dari Dana Hibah KONI PPS sebesar Rp3 miliar.

Pj Gubernur PPS sekaligus Ketua Umum KONI PPS Apolo Safanpo, yang diwakili Pj Sekda PPS Drs. Madaremmeng menyampaikan Porprov adalah suatu program multi event yang dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan dan menjaring atlet berbakat di tanah Anim Ha dalam berbagai Cabor, yang nantinya dapat menjadi wakil-wakil Provinsi Papua Selatan dalam mengikuti event olahraga di tingkat nasional dan dapat mewakili Indonesia untuk tingkat internasional.

Pelaksanaan Porprov ini punya makna besar bagi provinsi Papua Selatan karena Porprov ini adalah panggung persatuan, panggung persaudaraan dan panggung kesetaraan dan keadilan untuk maju bersama dalam bingkai NKRI.

Hal ini dikatakan sesuai dan sejalan dengan slogan pada lambang Provinsi Papua Selatan, yakni Majulah Negeriku.

“Saya merasa bangga berdiri di tempat ini karena saya yakin di tempat ini kelak akan muncul atlet-atlet yang mengharumkan nama Papua Selatan dan Indonesia dengan prestasi yang membanggakan,” kata Madaremmeng.

Madaremmeng mengajak semua yang terlibat dalam even dua tahunan ini mengedepankan sportivitas dan menjaga keamanan dan kelancaran selama pelaksanaan.

Ia juga mengapresiasi KONI PPS, KONI kabupaten, seluruh atlet dan official, panitia serta masyarakat yang sudah mengambil peran mensukseskan Porprov.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan pertandingan sepak bola antara Merauke dan Boven Digoel. Namun, sebelum pertandingan dimulai, dilakukan kick-off oleh Sekda PPS, Wakil Bupati Merauke H. Ridwan, Wakil Bupati Boven Digoel Lexi Rome, Waket Ketua Umum KONI PPS Soleman Jambormias dan Waket Harian 3 KONI Jefrry Papare.

Suasana Stadion Katalpal menjadi sangat ramai karena dihibur oleh artis Mitha Talahatu, penyanyi lokal dan berbagai tarian dan disaksikan tamu undangan dan ribuan penonton.

penulis : Getrud
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *