Porprov Papua Selatan Berakhir, Merauke Juara Umum

Penyerahan piala kepada juara umum Porprov 1 Papua Selatan diserahakn Asisten 1 Setda PPS Agustinus J. Guritno kepada Sektetaris KONI Merauke, Thobias Walong. (Foto: Ist)

MERAUKE | Kabupaten Merauke meraih juara umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Papua Selatan ke-I tahun 2023, setelah memperoleh 29 emas, 25 perak, dan 25 perunggu.

Disusul Kabupaten Mappi dengan 26 emas, 17 perak dan 18 perunggu. Kemudian Kabupaten Asmat 24 emas, 16 perak, 15 perak, danKabupaten Boven Digoel 4 emas, 14 perak dan 20 perunggu.

Porprov digelar sejak tanggal 1-9 November dengan mempertandingkan 12 cabang olahraga, yakni Pencak Silat, Karate, Taekwondo, Bulutangkis, Basket, Bola Voli, Futsal, Catur, Tenis Meja, Atletik, Biliar, dan Sepak Bola.

Jumat malam (10/11/2023), merupakan acara puncak penutupan Porprov dengan penyerahan piala untuk juara umum, dan uang pembinaan kepada atlet berprestasi.

Porprov telah membawa warna tersendiri bagi Papua Selatan sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB), karena diikuti 912 atlet dan 127 official dari Kabupaten Mappi, Asmat, Boven Digoel dan Merauke.

Prestasi Porprov pertama ini telah dibuktikan dengan direbutnya 83 medali emas, 72 medali perak dan 78 medali perunggu.

“Saya selaku panitia dan seluruh panitia menyampaikan penghargaan kepada para atlet yang telah berpartisipasi. Bagi yang belum berhasil agar jangan berputus asa tetapi tetap terus berlatih karena setiap latihan adalah investasi untuk kesuksesan,” kata Ketua Panitia Soleman Jambormias dalam penutupan Porprov pertama di Lapangan Mandala Merauke.

Ia mengajak seluruh generasi untuk menjadi agen perubahan, positif dalam dunia olahraga. Masyarakat harus menjadikan olahraga sebagai gaya hidup untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Sementara itu, Asisten I Setda Provinsi Papua Selatan Agustus Joko Guritno memberikan apresiasi kepada panitia yang telah berhasil menggelar pesta rakyat dengan Pekan Olahraga Provinsi dalam rangka meriahkan HUT Papua Selatan ke-1.

“Terimakasih kepada panitia dan semua pihak yang telah berhasil melakukan kegiatan Porprov dengan lancar dan sukses,” kata Guritno.

Guritno menambahkan, menjadi kebanggan tersendiri karena sebagai DOB, Provinsi Papua Selatan juga sudah bergerak melaksanakan pembangunan denganmempersiapkan infrastruktur Kantor Gubernur, DPR, dan MRP yang lokasinya di KTM Salor.

“Pemerintah juga terus berupaya untuk meningkatkan kinerja aparatur pemerintah di PPS dengan terus mengupayakan pembentukan regulasi-regulasi untuk menjadi dasar dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi di perangkat daerah dan pelaksanaan pembangunan di PPS,” pungkas Guritno.

 

penulis : Getrud
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *