Arti dan Makna Maskot Porprov Papua Selatan

Arti dan Makna Maskot Porprov Papua Selatan
Maskot Porprov Papua Selatan.

MERAUKE | Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Papua Selatan bakal digelar mulai dari tanggal 1 hingga 9 November 2023, dengan mempertandingkan 12 cabang olahraga dan diikuti 4 kabupaten, yakni Kabupaten Merauke, Mappi, Boven Digoel dan Asmat.

Porprov pertama yang digelar Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua Selatan akan berlangsung di Kabupaten Merauke, yang merupakan Ibu Kota Provinsi Papua Selatan.

Maskot Porprov berbentuk Burung Kasuari diberinanama “Kazoo”.

Wakil Ketua Harian 3 KONI Provinsi Papua Selatan Jefrry Papare menjelaskan tentang filosofi Maskot Porprov Papua Selatan berbentuk Burung Kasuari.

Objek Burung Kasuari dipilih karena memiliki bentuk yang unik dengan ukuran sangat besar. Kakinya begitu kuat, sehingga dijadikan simbol kekuatan dalam membangun olahraga di Papua Selatan.

Untuk Warna Biru pada Maskot melambangkan ketenangan, keikhlasan dan kesetiaan. Sedangkan Warna Kuning sebagai simbol kejayaan, dan Warna Merah simbol keberanian, serta Warna Hijau simbol kesejahteraan dan kemakmuran.

Posisi kepala Burung Kasuari mengarah ke kanan adalah melahirkan pandangan positif, dan kesuksesan yang ingin dicapai.

Menurut Jeffry, terdapat ikatan pita berwarna Merah Putih di leher Burung Kasuari menandakan bahwa Papua Selatan berada di dalan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan slogan NKRI Harga Mati.

Ada juga tameng di dada Burung Kasuari yang berarti kerja keras dan semangat.

Kemudian terdapat logo Pemprov Papua Selatan dan empat cincin yang saling berkait atau mengikat satu sama lain. Gambaran tersebut mewakili empat kabupaten yang berada di dalam Provinsi Papua Selatan.

“Dan dari keempat moto kabupaten ini membentuk moto Provinsi Papua Selatan yaitu Maju Negeriku,” kata Jeffry pada acara Launching Porprov Pertama di Taman Mandala Merauke, Minggu (29/10/2023).

Jeffry menambahkan, untuk 11 bulu yang terdapat pada Burung Kasuari menandakan hadirnya Provinsi Papua Selatan pada Tanggal 11 Bulan 11, sekaligus pelantikan Pj Gubernur Papua Selatan.

Kemudian Burung Kasuari memegang obor yang dilingkari Warna Merah menunjukan api semangat juang yang tidak pernah padam untuk memajukan Papua Selatan.

“Itulah filosofi dari Maskot Burung Kasuari pada Porprov Pertama ini,” pungkas Jeffry.

penulis : Getrud
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *