Bagian Humas dan Protokol Setda Mimika Adakan Sosialisasi, Plt Bupati: Protokoler Miliki Peran Penting

Kepala Bagian Kemendagri, Firmansyah Rasyid saat menjelaskan tentang kehumasan dan protokoler dalam kegiatan sosialisasi di Hotel Horison Diana, Mimika, Kamis (30/5/2024). Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua

TIMIKA, Seputarpapua.com | Bagian Humas dan Protokol pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika menggelar kegiatan Sosialisasi Keprotokolan yang akan berlangsung selama dua hari, 30 dan 31 Mei 2024 di Ballroom Hotel Horison Diana, Mimika, Papua Tengah, Kamis (30/5/2024).

Penjabat (Plt) Bupati Mimika Johannes Rettob dalam sambutannya yang disampaikan Asisten III Bidang Administrasi Umum pada Setda Mimika, Anace Hambore, memberikan apresiasi kepada Humas dan Protokol Setda Kabupaten Mimika yang melaksanakan kegiatan sosialisasi Keprotokolan ini.

John menyebut, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengertian tentang kegiatan keprotokolan yang berkaitan dengan tata upacara, tata tempat dan tata penghormatan sesuai dengan Undang-undang Nomor 9 tahun 2010 tentang Keprotokolan.

“Tugas protokol sangat strategis, yaitu ikut meningkatkan pembentukan citra sebuah organisasi dan bertanggungjawab pada sukses atau tidaknya acara. Peran protokol bukan sekadar mempersiapkan segala sesuatu sebelum pejabat di satu daerah atau instansi melakukan kunjungan kerja,” katanya.

Kegiatan yang dilaksanakan baik oleh instansi pemerintah, vertikal maupun swasta, harus memperhatikan aturan keprotokolan. Hal ini agar kegiatan berjalan dapat dengan tertib, khidmat, rapi, lancar dan teratur.

Plt Bupati berharap dengan adanya kegiatan ini peserta mendapat ilmu, menambah wawasan dan mendapat pengetahuan baru tentang keprotokolan, sehingga nantinya dapat mengimplementasikan dengan baik berdasarkan aturan dan Undang-undang.

“Protokol itu seperti halaman pertama dari sebuah buku. Jadi ketika kita berada dalam satu acara atau kegiatan yang melibatkan kepala daerah, maka didepannya ada protokol, sebab itulah protokol selalu berada di garda paling depan,” jelasnya.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Mimika, Ali Abas Sermaf dalam laporannya menjelaskan, sosisaliasi ini digelar dalam rangka meningkatkan pengetahuan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi di Kabupaten Mimika. Selain itu, untuk meningkatkan keterampilan dan sikap dalam melaksanakan keprotokolan secara profesional.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas SDM Pemkab, serta mitra-mitra pemerintah dan untuk meningkatkan pengetahuan secara bersama, maka perlu kami laksanakan kegiatan sosialisasi protokoler dan dilanjutkan dengan praktek yang berkaitan dengan keprotokolan,” tuturnya.

Peserta dalam kegiatan ini berjumlah kurang lebih 200 orang yang meliputi seluruh OPD lingkup Pemkab Mimika, TNI-Polri, Organisasi Keagamaan, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Kemasyarakatan serta mitra-mitra protokol.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yaitu Kepala Bagian Kemendagri, Firmansyah Rasyid.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan