Dinkes Asmat Obati Massal Orang dengan Masalah Kesehatan Jiwa

Dinkes Asmat Obati ODGJ
Seorang pasien dengan masalah kesehatan jiwa sedang ditangani tim dari Dinkes Asmat dan RSJ Abepura, Selasa (26/9/2023). (Foto: Elgo Wohel/Seputarpapua)

ASMAT | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asmat, Provinsi Papua Selatan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar pengobatan massal orang dengan masalah kejiwaan, bekerjasama Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Abepura.

Pengobatan massal ini bertempat di RSUD Lama Kabupaten Asmat, Selasa (26//9/2023).

Kepala Dinas Kesehatan Yonathan Kambu mengatakan, pihaknya bekerjasama RSJ Abepura memberikan pengobatan massal orang dengan masalah kesehatan jiwa mulai hari ini, Selasa (26/9/2023) hingga Kamis, 28 September 2023, dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIT.

Advertisements

“Bagi seluruh masyarakat kabupaten Asmat yang ingin berkonsultasi dan mendapatkan pelayanan kesehatan jiwa, silakan datang,” ajak Yonathan.

Ia berharap, dengan terlaksananya kegiatan ini, setidaknya dapat menangani dan mengurus warga Asmat yang mengalami masalah kesehatan kejiwaan.

Selain itu, perwakilan RSJ Abepura, dr. Isak Samay, mengatakan bahwa kegiatan ini mengoordinir semua pasien baik dengan gangguan jiwa maupun mental.

“Untuk di Asmat, pasien tersebut sebanyak 42 orang. Kami akan membantu dan merawat mereka dengan baik. Kedepannya, pasien diobati harus diberi pemahaman bagaimana cara berpikir yang baik.” kata dr. Isak.

Ia pun mengharapkan untuk kedepannya pemerintah setempat dapat membangun rumah singgah atau rumah perawatan untuk menempatkan pasien-pasien yang mengalami masalah mental dan emosional. Tentunya untuk dilakukan penanganan atau perawatan terhadap masalah gangguan kesehatan yang dialami.

penulis : Elgo Wohel
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *