Kampung Iwaka Juara 1 Lomba Gapura, Dapat Hadiah Rp20 Juta dari PB PON Sub Mimika

Foto bersama usai penyerahan hadiah lomba gapura di Sekretariat PB PON Sub Mimika, Rabu (18/8/2021). (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Foto bersama usai penyerahan hadiah lomba gapura di Sekretariat PB PON Sub Mimika, Rabu (18/8/2021). (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | PB PON Sub Mimika telah mengumumkan hasil lomba gapura dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 76 dan Sukses PON XX Papua 2021.

Berdasarkan penilaian, Kampung Iwaka dinobatkan sebagai juara 1 dengan skor nilai 98, juara 2 adalah Kelurahan Sempan Jalan Menthe dengan skor 96, Kelurahan Dingo Narama mendapatkan juara 3 dengan skor 93, Juara 4 dengan skor 90 diraih oleh Kampung Nawaripi RT 5.

Untuk juara Harapan I dengan skor 85 diraih oleh Kelurahan Pasar Sentral RT 19, Juara Harapan 2 dengan skor 83 diraih oleh Kampung Naena Muktipura RT 12, RW 2, Juara Harapan 3 dengan skor 81 adalah Kelurahan Kwamki RT 8, Juara Harapan 4 dengan skor 80 diraih oleh Kelurahan Inauga Gang Ketapang.

Masing-masing juara mendapatkan plakat dan uang tunai. Untuk juara pertama mendapatkan Rp20 juta, juara 2 Rp15 juta, juara 3 10 juta dan juara 4 mendapatkan Rp 8 juta.

Untuk juara harapan 1 mendapatkan hadiah sebesar Rp6 juta, harapan 2 hadiah Rp5 juta, Harapan 3 Rp 4 juta dan harapan 4 mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp3,5 juta.

Penyerahan hadiah lomba dilakukan di Kantor PB PON Sub Mimika, Jalan Caritas SP 2, Rabu (18/8/2021).

Ketua Panitia lomba, Alexander Omaleng menjelaskan peserta yang ikut dalam lomba berjumlah 62, terdiri dari tingkat RT, Kampung, Kelurahan dan distrik yang ada di wilayah kota.

“Jadi kriterianya lombanya itu harus ada aksen adat Amungme dan Kamoro, lalu ada logo PON XX, dengan HUT NKRI,” katanya.

Ia memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang telah ikut berpartisipasi yang menurutnya masyarakat sangat antusias dalam membuat Gapura.

“Semua sudah mendukung dan saya menilainya sungguh luar biasa,” ujarnya.

Alexander juga mengimbau agar masyarakat Mimika bisa ikut mensukseskan PON XX.

“Mari kita semua mendukung dan mensukseskan PON XX dan terus semangat,” pungkasnya.

Advertisements

Koordinator Juri Lomba, Fransiskus Bokeyau menjelaskan penilaiannya berlangsung selama 3 hari.

“Kami pilih Iwaka sebagai pemenang karena mereka sangat kreatif membangun gapura begitu unik, ada ukiran ukiran khas dan menonjolkan kearifan lokal serta kerapiannya dan aksen HUT RI serta PON sesuai kriteria,” ungkapnya.

Ia berharap gapura – gapura yang sudah dibangun bisa terus dijaga.

Advertisements

“Jadi kami himbau kepada seluruh masyarakat yang ikut lomba bukan hanya merayakan HUT saja tapi juga ikut mensukseskan PON sehingga yang sudah dibangun ini dapat dijaga sampai pelaksanaan PON selesai,” himbaunya.

penulis : Kristin Rejang
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *