Kawasan Danau Sentani Siap Jadi ‘Danau Toba’ Baru di Timur Indonesia

Salah satu sudut dari-Dana Sentani, Kabupaten Jayapura dengan latar belakang gunung Cyclops (Pemkab Jayapura). (Foto: infoPublik.id)
Salah satu sudut dari-Dana Sentani, Kabupaten Jayapura dengan latar belakang gunung Cyclops (Pemkab Jayapura). (Foto: infoPublik.id)

SENTANI | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua siap menjadikan Danau Sentani sebagai “Danau Toba” baru dan destinasi ecotourism baru di kawasan timur Indonesia untuk mendongkrak ekonomi masyarakat di wilayah tersebut.

Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, mengemukakan Pemkab sebenarnya telah mengajukan usulan agar Kawasan Danau Sentani dimasukkan ke dalam kawasan strategis pariwisata nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

“Potensi kawasan Danau Sentani luar biasa, baik sebagai obyek wisata maupun potensi ekonomi kreatifnya. Oleh karena, kami telah mengusulkan kawasan itu ke dalam RPJMN,” ujar Mathius ketika berbincang dengan media di atas KM Foi Moi yang mengitari Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (13/10/2021).

Dengan potensi pariwisata dan ekonomi kreatifnya, Mathius menambahkan, minat sejumlah investor, baik dalam negeri maupun asing cukup besar untuk mengembangkan kawasan Danau Sentani.

“Sudah ada investor dari Jerman yang berencana masuk membangun kawasan pariwisata terintegrasi, termasuk hotelnya. Bila ingin maju, kita harus siap menggandeng investor,” ujarnya

Pemerintah sebenarnya sudah memiliki payung hukum berupa Peraturan Presiden (Perpres) 60 tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional. Disebutkan dalam beleid tersebut ada 15 danau yang akan menjadi fokus pemerintah untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatifnya. Salah satunya adalah kawasan Danau Sentani, Kabupaten Jayapura.

Dalam rangka menghidupkan ekonomi kreatif selain mendatangkan wisatawan, Mathius menjelaskan sejumlah kegiatan untuk mendukung kawasan tersebut. Agenda kegiatan pariwisata antara lain Festival Danau Sentani, festival Teluk Tanah Merah, festival Teluk Mangga, festival Makan Papeda dan sebagainya.

Danau Sentani adalah danau yang terletak di Papua Indonesia. Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektare. Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua.

Danau Sentani yang memiliki luas sekitar 9.360 ha dan berada pada ketinggian 75 meter di permukaan laut (mdpl). Danau Sentani merupakan danau terluas di Papua, yang berjarak 50 Km dari Jayapura.

Di danau ini juga terdapat 21 buah pulau kecil menghiasi danau yang indah ini. Di seputaran danau itu juga terdapat 22 kampung yang hidup dan tergantung dengan Danau Sentani. Mereka sebagian besar hidup dari perikanan danau, berkebun dan sebagian menjadi pegawai.

Jadi kapan lagi bisa menikmati senja di pinggir danau atau dari perbukitan sembari menikmati papeda dan mujair bakar? Semua itu cuma ada di Sentani. Arti kata Sentani itu sendiri berarti “di sini kami tinggal dengan damai”. (Fir)

Tanggapi Berita ini
editor : Mish
sumber : InfoPublik.id

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.