Lepas Sambut Komisioner KPU Mimika, Pj Sekda: Tantangan Besar Didepan Mata

Komisioner KPU Mimika yang baru
Foto bersama Komisioner KPU Mimika yang baru dengan komisioner lama dan Sekretaris KPU Mimika dalam acara lepas sambut.Foto: Anya Fatma/Seputarpapua

TIMIKA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah menggelar acara lepas sambut komisioner KPU di Ballroom Hotel Horison Diana Timika, Selasa (6/2/2024).

Acara tersebut juga diisi dengan doa bersama lintas agama oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Mimika.

Sekretaris KPU Mimika, Roni Robert Toisutta mengatakan, lepas sambut komisioner KPU adalah momen penting pada Pemilu 2024 ini.

“Kita warnai dengan doa bersama, hal ini bertujuan agar pelaksanaan Pemilu 2024 bisa berjalan dengan baik dan lancar,” kata Roni.

Sementara mantan Ketua KPU Mimika, Luther Beanal mengatakan bahwa pergantian ini merupakan hal yang biasa dan dilakukan setiap 5 tahun. Untuk itu, pihaknya mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak kepada komisioner yang lama, sehingga pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diemban bisa berjalan lancar.

“Tahapan sudah mulai dekat, sehingga komisioner baru harus segera menyesuaikan diri, terutama masalah pendistribusian dan pelaksanaan pemilu,” katanya.

Komisioner KPU lama lainnya, Laurensius Minipko, mengatakan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai komisioner KPU, berpegang teguh pada tiga pasal dalam Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Ketiga pasal itu adalah Pasal 8, Pasal 19, dan Pasal 20. Ketiga pasal ini tentang tugas, wewenang dan kewajiban KPU kabupaten/kota.

“Setiap melakukan rapat saya terus sampaikan tiga pasal ini, untuk mengingatkan pada kami semua tentang tugas, wewenang, dan kewajiban,” katanya.

Terkait tugas KPU yang sudah dilakukan selama 3 tahun sebelumnya, ia menyebut telah melakukan pengelolaan data pemilih atas koordinasi dengan beberapa pihak, seperti Bawaslu, Dinas Dukcapil, Badan Kesbangpol dan TNI-Polri. Semua itu pada akhirnya dapat dikelola dengan baik.

“Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih dan permohonan maaf apabila dalam pelaksanaan tugas tidak sesuai dengan harapan dan keinginan,” ucapnya.

Dete Abugau selaku Ketua KPU Mimika mewakili komisioner KPU lainnya yang baru dilantik, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sekretariat KPU yang sudah menyiapkan acara pisah sambut ini dalam waktu singkat, setelah dirinya dilantik pada 3 Februari 2024.

“Ke depan, apa yang dilakukan oleh komisioner lama akan dilanjutkan. Namun kita juga membutuhkan dukungan dari semua pihak agar pelaksanaan pemilu berjalan dengan aman dan baik,” katanya.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Mimika, Pj Sekda Ida Wahyuni turut menyampaikan ucapan terimakasih kepada komisioner lama atas dedikasi yang telah diberikan selama menjabat.

Kemudian untuk komisioner yang baru, ia mengingatkan bahwa tantangan besar sudah ada di depan mata, karena pelaksanaan pemungutan suara sudah akan berlangsung tujuh hari ke depan.

“Tantangan besar ada di depan mata. KPU baru harus kerja keras, karena beberapa hal ada yang harus berlari, tidak lagi berjalan,” kata Ida.

Ia mengaku bahwa Pemkab Mimika akan terus mendukung pelaksanaan pemilu sehingga dapat berjalan dengan lancar dan damai.

Adapun Komisioner KPU Mimika yang baru dilantik yaitu Dete Abugau, Budiono, Delince Somou, Dete Abugau, Fransiskus Xaverius Ama Bebe Bahy dan Hironimus Kia Ruma. Sementara komisioner yang lama yakni Luther Beanal, Laurens Minipko, Fidelis Piligame, Elisabeth Rahawarin dan Altimus Alom.

penulis : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *