Mimika Produksi 11 Ton Telur Per-hari, Stok Jelang Natal Tercukupi

Ilustrasi
Ilustrasi

TIMIKA | Kabid Bina Usaha Peternakan pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika, Agustinus Mandang menegaskan stok telur di Kabupaten Mimika menjelang hari raya Natal tetap tercukupi.

Berdasarkan data dari 137 peternak yang merupakan binaan Pemda dan YPMAK, total produksi telur di Kabupaten Mimika setiap hari mencapai 11 ton.

Bahkan kata dia, beberapa bulan terakhir para peternak juga mengirim keluar Timika, namun tetap memperhatikan kebutuhan masyarakat di Mimika agar terus tercukupi.

Untuk Provinsi Papua, Kabupaten Mimika dan Merauke merupakan dua daerah yang memproduksi telur dalam jumlah banyak, namun beberapa bulan terakhir di Merauke ada wabah, sehingga banyak peternak yang gulung tikar.

“Jadi, ada beberapa peternak yang stok telur dikirim juga ke Merauke. Pengiriman telur lokal semakin luas, tetapi kebutuhan untuk natal di Timika masih tercukupi,” katanya saat diwawancara, Jumat (11/12).

Dinas Peternakan sendiri telah melakukan pertemuan dengan Himpunan Peternak Ayam Mimika (Hipukami), telur yang dijual dari kandang harga ditentukan Rp55 ribu.

Tetapi saat ini jika stok terus bertambah dan diikuti dengan situasi pasar ada beberapa peternak yang menjual dengam harga Rp52 dan Rp53 ribu.

“Tingkat pedagang beli ke peternak memang kisarannya kami target Rp60 ribu kami tidak mau sampai harga Rp70 ribu yang bisa menyusahkan masyarakat sendiri,” tuturnya.

Sementara untuk harga jual di pasaran kata dia bukan tugas Dinas Peternakan untuk menentukan harga.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *