Pelaku Pembunuhan ASN di Yahukimo Diciduk Polisi

Suasana saat korban ditangani tim medis di RSUD Dekai. (Foto: Dok Polres Yahukimo)
Suasana saat korban ditangani tim medis di RSUD Dekai. (Foto: Dok Polres Yahukimo)

JAYAPURA | Upaya penyelidikan terhadap kasus pembunuhan Yosep Pulung (55), Aparatur Sipil Negara (ASN) di Inspektorat Daerah Kabupaten Yahukimo, membuahkan hasil.

Satuan Reserse Kriminal Polres Yahukimo berhasil menangkap dua terduga pelaku masing-masingnya berinisial EP (29) dan GS (22) pada Kamis, 4 Maret 2024.

Kapolres Yahukimo AKBP Heru Hidayanto mengatakan, kedua terduga pelaku ditangkap berdasarkan keterangan sejumlah saksi yang melihat korban diadang dan dianiaya oleh dua orang pemuda.

“Kasus ini terungkap saat kami melakukan olah TKP. Dimana pada saat kejadian, ada beberapa siswa SD Negeri Dekai yang melihat korban diadang dan dianiaya oleh dua orang pemuda. Bahkan para siswa ini melihat salah satu pelaku mengeluarkan pisau dan menusuk korban,” kata AKBP Heru dalam keterangannya yang diterima awak media ini, Jumat (5/4/2024).

Dari keterangan sejumlah saksi itu, personel gabungan Satgas Damai Cartenz dan Polres Yahukimo melakukan penyisiran dan berhasil menangkap dua orang terduga pelaku.

“Dari keterangan yang kami dapat, anggota melakukan pengejaran dan penyisiran. Hasilnya kami berhasil mengamankan dua pemuda yang diduga sebagai pelaku penganiayaan berinisial EP (29) dan GS (22). Keduanya lalu dibawa ke Mako Polres Yahukimo untuk penyelidikan lebih lanjut,” ungkapnya.

Tak hanya kedua pelaku, polisi juga menyita sejumlah barang bukti, diantaranya satu bilah pisau dengan bercak darah, robekan kain dengan bercak darah dan dokumen Inspektorat Kabupaten Yahukimo.

Sebelumnya, seorang ASN atasnama Yosep Pulung (55) diadang dan dianiaya pada Kamis, 4 Maret 2024.

Akibat penganiayaan itu, korban mengalami luka serius dan dilarikan ke RSUD Dekai untuk mendapatkan perawatan medis.

Korban sempat dirujuk ke Jayapura untuk mendapatkan penanganan medis lebih baik. Namun korban meninggal dunia dalam perjalanan dari Dekai ke RSUD Yowari Sentani.

penulis : Firga
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *