Peringati HUT Ke-112, BTM Canangkan Jayapura Kota Peradaban Moderen dan Humanis

Wali kota Jayapura, Benhur Tomi Mano (dari kiri nomor dua) saat menyampaikan pidato pada HUT ke 112 didampingi isteri dan wakil wali kota, Ir. Rustan Saru dan Isteri. (Foto: Adi/Seputarpapua)
Wali kota Jayapura, Benhur Tomi Mano (dari kiri nomor dua) saat menyampaikan pidato pada HUT ke 112 didampingi isteri dan wakil wali kota, Ir. Rustan Saru dan Isteri. (Foto: Adi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Kota Jayapura memasuki usia ke-112 tahun, pada 7 Maret 2022. Tepat hari ini, Wali kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mencanangkan kota Jayapura sebagai mercusuar pembangunan peradaban Papua yang modern dan humanis.

“Dengan achievement atau prestasi yang telah ditorehkan selama ini yang diperoleh dalam bidang karya dan pengabdian maka sebagai kota global dan terbuka hari ini saya canangkan kota Jayapura sebagai mercusuar pembangunan peradaban Papua yang moderen dan humanis,” ujar wali kota Benhur, dalam pidatonya saat memimpin upacara HUT ke-112 kota Jayapura, di Lapangan Trisila, Lantamal X, Senin (7/3).

Dalam pidatonya yang berjudul ‘Membangun Peradaban Papua Moderen dan Humanis’ Benhur mengatakan, kota Jayapura sebagai jendela dan beranda depan rumah besar Papua.

Advertisements

Kota Jayapura sambung Benhur, sejak dahulu merupakan ikon perubahan sosial, budaya dan kemajuan tata kelola penyelenggaraan tata kelola Pemerintahan Daerah. Pembangunan demokrasi dan politik di tanah ini yang pergerakannya berpengaruh secara nasional dan internasional.

“Kota Jayapura merupakan salah satu kawasan di Papua yang bersentuhan langsung dengan dunia luar. Dan dalam perspektif sejarah sesungguhnya kota Jayapura dapat disematkan sebagai kota global atau Internasional karena di dirikan oleh seorang kewarganegaraan Belanda,” jelas BTM sapaan akrabnya.

Pada usia ke-112, kota Jayapura tercatat sudah menerima berbagai pengakuan dan penghargaan baik dari pemerintah pusat dan dari lembaga non pemerintah serta dari perguruan tinggi diantaranya predikat opini WTP delapan kali secara beturut dari BPK, RI.

Ada juga, penghargaan transparansi pengelolaan keuangan daerah kepada wali kota Jayapura dari Universitas Gajah Mada, penilaian KPK dengan nilai tertinggi se-Provinsi Papua, sebagai kepala daerah yang berkomitmen pemberantasan korupsi pada tahun 2019.

“Sementara di bidang kesehatan mendapat penghargaan swastisaba padapa kota sehat dan bidang olahraga saya sebagai ketua umum Persipura Jayapura sudah menggondol juara sebanyak empat kali. Dan maaih banyak pengahargaan yang telah kita capai,” papar BTM.

Melalui momen bersejarah ini, dirinya berharap warga kota tetap satu hati membangun tanah Port Numbay.

“Saya ajak semua komponen masyarakat agar meninggalkan amarah, sentimen Suku, Ras dan Agama mari semua satu hati membangun tanah Papua untuk kemuliaan Tuhan,” pungkasnya.

Advertisements
penulis : Adi
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan