Tiba di Kota Jayapura, Api PON Dibawa Atlet Boas, Lilis Karubaba dan Taufik Hidayat

Ketua Sub PB PON Kota Jayapura Benhur Tomi Mano (Kiri) saat menerima api PON dari pasukan kirab yang diwakili olah Atlet Legendaris Taufik Hidayat. (Foto: Adi/Seputarpapua)
Ketua Sub PB PON Kota Jayapura Benhur Tomi Mano (Kiri) saat menerima api PON dari pasukan kirab yang diwakili olah Atlet Legendaris Taufik Hidayat. (Foto: Adi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Kirab api PON XX Papua 2021 tiba di Kota Jayapura, Jumat (1/10) disambuat tarian dari sanggar Tobati di lapangan upacara Kantor Walikota Jayapura.

Api PON dibawa oleh tiga atlet nasional legendaris, Taufik Hidayat, Lilis Karubaba, dan Boaz Salossa dan dikawal oleh pasukan kirab.

Kirab api PON ke XX dilaksanakan dari tanggal 27 September hingga 2 Oktober 2021 diawali dari area Pembangkit Listrik Tenaga Mesin gas PLTMG Klamono, Sorong, Papua Barat.

Dari rahim ibu pertiwi, api murni dari alam ini melakukan perjalanan dimulai dari Biak, Timika, Wamena, Merauke, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan berakhir di Stadion Lukas Enembe di kabupaten Jayapura,Papua.

Taufik Hidayat merupakan atlet bulutangkis yang sepanjang karir telah meraih emas pada olimpiade Athena tahun 2004, medali emas asia champion ship tahun 2000-2004 dan medali emas world championship anaheim California tahun 2005.

Lilis Suryani Karubaba juga dari cabang olahraga pencak silat mendapat juara 1 kejuaraan dunia tahun 1992 di Jakarta kelas bebas putri 64 kg, meraih medali emas di belanda tahun 1992 kelas berat 65 kg dan medali emas kelas 65 kg di sea games 1997 Jakarta.

Sementara, Boaz salossa merupakan pemain terbaik di beberapa liga Indonesia bahkan pencetak gol terbanyak di beberapa liga Indonesia.

Setelah itu, Tarian Imbocone dari sanggar Reimue Kayu Batu.

Setelah prosesi penyambutan kirab api PON selesai, ketua Sub PB PON kota Jayapura, Benhur Tomi Mano melepas pasukan kirab yang digiring dengan Tarian Imbocone dari sanggar Reimue Kayu Batu.

reporter : Adi
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.