Timika Expo Tampilkan 60 UMKM, ‘Bakar Batu’ Hingga Mitha Talahatu

Sanggar Amunggu tampilkan tarian dan bersenandung di lapangan Timika Expo PON XX Papua 2021, Jumat (8/10/2021).(Foto: Yonri/SEPUTARPAPUA)
Sanggar Amunggu tampilkan tarian dan bersenandung di lapangan Timika Expo PON XX Papua 2021, Jumat (8/10/2021).(Foto: Yonri/SEPUTARPAPUA)

TIMIKA | Bidang Pemasaran Sub PB PON XX Klaster Mimika berkolaborasi dengan Pemda, PT Freeport Indonesia (PTFI) dan Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) menggelar Timika Expo di Lapangan Eks Pasar Sentral Timika, Papua, Jumat (8/10/2021).

Dalam event yang digelar sejak Rabu, 6 Oktober 2021 ini menyajikan berbagai produk dari 60 pelaku UMKM lokal serta kerajinan tangan khas Mimika, seperti noken, topi anyaman, tikar dan ukiran suku Kamoro.

Koordinator Bidang Pemasaran Sub PB PON XX, Ida Wahyuni menyebut kegiatan ini berfokus untuk sebagai ajang promosi produk lokal Kabupaten Mimika berbasis kebudayaan. Event ini, menurutnya dapat dimanfaatkan sebagai peluang memasarkan produk lokal yang selama ini kurang dijangkau oleh masyarakat Indonesia secara luas.

“Timika Expo ini sebagai ajang memaksimalkan event PON. Kita memaksimalkan lewat pameran supaya produk Timika itu makin dikenal masyarakat di luar Timika,” terang Ida di sela kegiatan.

Karena itu, melalui event PON ini, Ida berharap masyarakat dapat bangkit dari dampak pandemi yang sudah melanda sejak awal tahun 2020.

“Yang kedua, sukses ekonomi. Tujuan PON kan sukses ekonomi. Itu yang kita berusaha memasarkan produk melalui event,” kata Ida.

Bertepatan dengan HUT ke-25 Mimika, Timika Expo juga menampilkan pertunjukan budaya lokal. Dalam acara tadi, dijumpai sejumlah tarian dan musik dari kelompok seni yang ada di Mimika seperti Airu Band, Sanggar Tari Peteko dan Sanggar Amunggu.

Event yang digelar sedari pagi hingga malam ini juga menampilkan Upacara ‘Bakar Batu’ oleh kelompok warga Suku Amungme.

‘Bakar Batu’ merupakan salah satu tradisi penting di Papua, berupa ritual memasak bersama-sama warga satu kampung atau sekelompok warga bertujuan untuk bersyukur dan bersilaturahmi.

Adat Bakar Batu ini, selain sebagai bagian dari performance dan memperkenalkan budaya lokal, juga untuk memperingati HUT ke-25 Kabupaten Mimika.

“Maknanya sekarang, ini ulang tahun Mimika yang ke-25. Karena kita semua lagi fokus di Perayaan PON, maka Perayaan HUT ke-25 Mimika ini, karena kita tahu banyak tamu yang datang, maka kita bikin show mini dalam bentuk bakar batu,” kata Ida.

Timika Expo PON XX Papua 2021 akan berlangsung hingga 15 Oktober 2021. Bertepatan dengan HUT Mimika, malam ini, Mita Talahatu tampil sebagai bintang tamu dalam event yang disambut antusias oleh warga Mimika itu.

reporter : Yonri
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.