YPMAK Jadikan Kampung Sehat Sebagai Pilot Project Program Paket Pemberdayaan dan Kemandirian

YPMAK Jadikan Kampung Sehat Sebagai Pilot Project Program Paket Pemberdayaan dan Kemandirian
Suasana Workshop III yang digelar YPMAK tentang perubahan organisasi dan pelaksanaan sistem P3K pada pilot project kampung sehat di Swiss-Belinn Timika. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia, menjadikan kampung sehat pilot project Program Paket Pemerdayaan dan Kemandirian (P3K)

Hal ini tertuang dalam workshop III tentang perubahan organisasi dan pelaksanaan sistem P3K pada pilot project kampung sehat.

Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari, terhitung sejak 23-25 Januari 2024 di Swiss-Belinn Timika diikuti seluruh badan pengurus dan karyawan-karyawati YPMAK.

Wakil Direktur Grant Making YPMAK Yohan Wambrauw mengatakan, workshop III merupakan kegiatan lanjutan terkait dengan transisi program-program YPMAK ke dalam sistem grant making atau hibah.

Pada kegiatan ini, disosialisasikan hasil workshop I dan II, yangmana sudah menentukan beberapa program untuk dijadikan pilot project.

“Pada worskhop II, program kampung sehat yang dijadikan untuk sistem grant making. Karenanya pada wrokshop III ini sudah didapatkan nama, yakni program paket pemberdayaan dan kemandirian (P3K),” katanya.

Kata dia, untuk pilot project kampung sehat tim sudah membuat alurnya, mulai dari perencanaan sampai dengan evaluasi. Termasuk menyiapkan Standar Operasional Pelaksanaan (SOP), dan form-form yang akan digunakan.

Untuk itu, pada workshop III ini dibagi beberapa kelompok guna dilakukan simulasi pembagian tugas dengan form-form yang ada. Dengan demikian, akan memiliki gambaran fungsi-fungsi yang ada di YPMAK dengan proses tersebut.

“Dengan adanya gambaran, maka akan jelas terhadap pelaksanaan pilot project tersebut. Namun tentunya, disaat sudah akan dijalankan semuanya diharapkan sudah mengerti dan paham terhadap tugasnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, pilot project untuk kampung sehat sendiri akan dilakukan di 2024. Walaupun program ini sudah pernah dilakukan, namun ada perbedaan terhadap pelaksanaannya.

“Tetap yang menjalankan program kampung sehat adalah mitra. Tapi pengelolaannya ada perbedaan dari sebelumnya. Karenanya pada hari ke 3 akan didapatkan hasil, nantinya bisa diluncurkan dan disampaikan kepada mitra-mitra YPMAK,” ungkapnya.

penulis : Mujiono
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *