2 Tim Sepakbola Asal Papua Lolos PON XXI

2 Tim Sepakbola Asal Papua Lolos PON XXI
Tim Sepakbola Putra Papua dan Papua Barat, Jayapura, Papua, Rabu (25/10/2023)

JAYAPURA | Tim sepakbola putra Papua dan Papua Barat sama-sama memastikan lolos ke PON XXI sebagai juara dan runner-up grub F.

Lolos sebagai juara grub adalah Tim Pra PON Papua setelah pada Rabu (25/10/2023) sore, berhasil mengalahkan Tim Pra PON Papua Barat 1-0 di Stadion Mandala Jayapura.

Kedua tim harus melakoni laga home away untuk mengejar Tike ke PON XXI di Sumatera Utara dan Aceh.

Pada pertandingan pertama pada Senin (23/10/2023) lalu, Tim Sepakbola Putra Papua yang diarsiteki Ricardo Salampessy dikalahkan Papua Barat dengan skor 1-2.

Kemudian pada leg kedua, Papua berhasil menang tipis 1-0 setelah Daniel Wonda berhasil mencetak gol di menit ke-84.

Tim Sepakbola Papua kemudian dipastikan lolos sebagai juara grub ditemani Papua Barat yang ada di posisi kedua.

Meski keduanya memiliki agregat gol yang sama, Papua menang aturan fairplay karena memiliki jumlah kartu kuning lebih sedikit dibandingkan Papua Barat.

“Sepanjang babak mencoba variasi serangan dan banyak peluang yang tidak bisa dimanfaatkan. Tapi kita diberkati Tuhan (karena) di menit akhir gol yang sangat berharga sekali untuk menentukan kita punya langkah lolos ke PON Aceh-Sumut,” kata pelatih kepala Ricardo Salampessy usai laga.

Lolosnya mereka ke iven olahraga empat tahunan tersebut, ia anggap merupakan hasil dari kerja keras para pemainnya.

“Itu semua berkat kerja keras para pemain, doa masyarakat Papua, orang tua dan pendukung pra-PON Papua,” ucapnya.

Sementara, pencetak gol tim Papua, Daniel Wonda mengaku senang bisa membawa timnya lolos ke PON XXI.

“Saya bisa mencetak gol dan bisa membawa tim ke PON itu dari kami latihan hingga pertandingan. Semua karena kerja sama tim dan kita bisa memenangkan laga,” ujarnya.

Sedangkan Pelatih kepala Papua Barat Masdra Nurizza menyesalkan hasil tersebut karena timnya ingin mengamankan status juara grup.

Kendati demikian, dia tidak merasa kecewa sebab timnya tetap bisa lolos ke PON XXI.

“Kami dari Papua Barat sudah menyelesaikan pertandingan, walaupun skor kalah tapi kami puas dengan pemain. Kita sudah siapkan matang-matang tim ini, tapi kita kecolongan gol dan bagi kami sangat menyesalkan, padahal kami ingin imbang supaya amankan puncak klasemen,” tandasnya.

penulis : Vidi
editor : Wan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *