Akhirnya Pemda Mimika Buka Suara Terkait Seleksi Praja IPDN

Sekda Mimika, Marthen Paiding
Sekda Mimika, Marthen Paiding

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika akhirnya buka suara soal tudingan tidak adanya keterwakilan anak Suku Amungme dan Kamoro yang lolos dalam seleksi Penerimaan calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Pj Sekda Mimika Marthen Paiding menjelaskan, pendaftaran penerimaan praja IPDN telah diumumkan oleh pemerintah untuk diikuti oleh siapapun dan melakukan pendaftaran secara online.

Katanya, dalam seleksi ini memang terbuka untuk umum dan diprioritaskan untuk anak asli suku Amungme dan Kamoro, namun untuk hasilnya tidak diketahui oleh pemerintah karena melalui tahapan seleksi langsung.

“Tapi masing-masing kabupaten diberikan jatah kalau tidak salah kemarin ada dua orang,” katanya saat diwawancara di Timika, Senin (29/6).

Marthen menyebutkan, sebelumnya OKIA ada yang keberatan dengan hasil seleksi karena tidak ada keterwakilan anak Amungme dan Kamoro yang lolos seleksi.

“Kemarin saya lihat teman-teman OKIA ada beberapa pihak keberatan tapi apakah anak-anak kita ini sudah melakukan pendaftaran,” katanya.

Menurutnya, jika ada yang sudah melakukan pendaftaran kemudian ditolak, maka bisa saja menuntut.

Dijelaskan, pendaftaran harus dilakukan sendiri oleh setiap calon praja secara online. Pemerintah tidak bisa memasukkan calon praja begitu saja karena ada mekanismenya.

“Tapi kalau tidak ada yang mendaftar bagaimana mau ikut tes, itulah persoalannya. Tidak mungkin kan pemerintah daerah mau daftarkan sedangkan ini harus dilakukan secara mandiri atau online,” tuturnya.

Ia berharap bahwa dari sekian banyak yang mendaftar sebagai calon praja IPDN ialah anak asli suku Amungme dan Kamoro.

“Saya lihat hanya 1 anak Amungme (yang lolos), jadi mungkin hanya itu yang berminat. Ini kan terbuka untuk siapa saja,” tutupnya.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar