Atlet Catur PON XXI dari Mimika Try Out di Jakarta

Atlet Catur Mimika Muhammad Affan Al-Amin (kiri) yang akan mewakili Papua Tengah dalam gelaran PON XXI Aceh-Sumut saat menghadapi lawan nya dalam gelaran SCUA Fide Rated 2023 di Jakarta. (Foto: Ist/Percasi Mimika)
Atlet Catur Mimika Muhammad Affan Al-Amin (kiri) yang akan mewakili Papua Tengah dalam gelaran PON XXI Aceh-Sumut saat menghadapi lawan nya dalam gelaran SCUA Fide Rated 2023 di Jakarta. (Foto: Ist/Percasi Mimika)

TIMIKA | Pecatur Mimika Master Nasional Muhammad Affan yang akan mewakili Papua Tengah dalam PON XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) tahun 2024 melakukan uji tanding di SCUA Fide Rated 2023, Jakarta.

Sekretaris Pengkab Percasi Mimika sekaligus Ketua Kontingen Tim PON Catur Provinsi Papua Tengah Yan Mansawan saat dihubungi seputarpapua.com pada Rabu 1 November 2023 malam, menjelaskan kejuaraan di Jakarta itu digelar oleh Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) untuk menentukan rating para pemain catur dengan standar rating internasional. Karenanya, kejuaraan ini diikuti oleh Master Internasional, Master Fide, Master Nasional dan Non Master.

“Kegiatan ini diikuti oleh 76 peserta dari seluruh Indonesia, yang berlangsung selama 4 hari mulai 1-5 November 2023,” ujarnya.

Affan mengikuti kejuaran untuk menambah pengalaman dan jam terbang sekaligus persiapan menuju PON XXI di Aceh-Sumut.

Dalam turnamen tersebut Affan akan mengikuti sembilan pertandingan, dan pada pertandingan pertama Affan berhasil meraih kemenangan.

“Untuk perwakilan Mimika Affan, tadi pertandingan baru dimulai satu babak, dan berhasil menang, kemudian mendapat satu poin, harapannya Affan bisa memenangkan seluruh babak,” katanya.

Menurut Yan, dengan mengikuti kejuaran di luar Mimika akan berdampak kepada FIDE rating atau rangking Affan sebagai pecatur di tingkat internasional. Selain di Jakarta, Affan juga telah mengikuti beberapa kejuaraan lain di luar Mimika untuk mengembangkan kemampuannya.

Yan menambahkan dari Cabang Olahraga (Cabor) Catur Provinsi Papua Tengah yang diwakili oleh Affan mendapatkan Wild Card untuk nanti tampil di PON XXI tanpa mengikuti Pra PON atau babak kualifikasi.

“Kita dapat Wild Card satu orang dan nama Affan ini sudah masuk dalam tim Catur yang lolos (nomor perorangan). Pertandingan ini juga menjadi jadi try out untuk dia menambah jam terbang dan menguji kemampuan,” tutupnya.

 

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *