BNN Sebut Peredaran Narkoba di Papua Didominasi Kasus Ganja

Kepala BNNP Papua Brigjend Polisi Rahmat Hidayat
Kepala BNNP Papua Brigjend Polisi Rahmat Hidayat

MERAUKE | Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Papua mengungkapkan, kasus narkoba di wilayah Provinsi Papua didominasi oleh peredaran ganja dibanding jenis narkoba lainnya seperti sabu-sabu.

Kepala BNNP Papua, Brigjen Polisi Rahmat Hidayat kepada wartawan di Merauke, Rabu (8/11/2022) menyatakan bahwa kasus narkoba yang lebih banyak diungkap di Papua adalah kasus ganja.

Rahmat mengungkapkan, ganja yang beredar di Papua umumnya dipasok dari Papua Nugini melalui jalan-jalan tikus alias jalur ilegal.

Selain itu juga dicurigai barang haram tersebut diselundupkan dari PNG melalui jalur laut.

“Ganja ini kan dipasok dari Papua Nugini melalui jalan-jalan tikus. Tidak menutup kemungkinan juga bisa masuk lewat pelabuhan-pelabuhan laut ada jalan tikusnya juga itu. Kalau masuk secara resmi, berarti ada pemalsuan dokumen. Tapi kalau lewat jalan tikus, ini yang kadangkala tidak terpantau,” kata Rahmat.

Rahmat menjelaskan bahwa BNN bersama kepolisian dan sejumlah instansi terkait sedang memetakan daerah-daerah rawan, dan juga daerah yang menjadi pintu masuknya narkoba di Papua.

“Setiap daerah di Papua ini memiliki karakteristik yang berbeda, dan tentunya cara bertindaknya berbeda. Tujuan kita satu agar dapat memberantas penyalahgunaan narkoba, termasuk peredaran gelapnya juga kita kejar supaya tidak berkembang di Papua ini,” tuturnya.

Terkait peredaran narkoba jenis sabu di Papua, Rahmat menyatakan sabu-sabu umumnya dipasok dari luar daerah seperti Makassar.

BNN saat ini bekerja sama dengan berbagai jasa ekspedisi untuk memantau sekaligus mengungkap peredaran sabu di Papua.

“Memang sabu itu umumnya dikirim melalui jasa ekspedisi. Untuk memberantas ini kita bekerja sama dengan jasa-jasa ekspedisi. Selain itu  intelejen kita juga ada memanta para bandar atau pemain-pemain ini. Kalau ada pergerakan, jelas kita langsung sikat,” tegas dia.

Rahmat menambahkan kunjungannya ke Merauke juga dalam rangka meninjau perkembangan kasus-kasus narkoba di wilayah kabupaten tersebut. Dinilai, kepolisian setempat telah bekerja secara maksimal dalam memberantas narkoba di Kabupaten Merauke.

“Di semua daerah di Papua kita ada program bagaimana menyelamatkan generasi emas Papua ini dan mewujudkan bagaimana Papua bersih dari narkoba. Alhamdulillah, di Merauke sini sudah ada langkah-langkah baik untuk  pencegahan maupun pemberantasan narkoba,” tandasnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Emanuel
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.