Pengerjaan Hampir Rampung, Warga Dihimbau Jaga Bundaran Petrosea

Bundaran Petrosea. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Bundaran Petrosea. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Bundaran Petrosea yang menjadi salah satu ikon Kabupaten Mimika pengerjaan hampir rampung.

Saat ini pekerjaan hanya tinggal memasang lampu di sekitar taman bundaran petrosea.

Pembangunan Bundaran Petrosea yang menelan anggaran sekitar Rp14 miliar itu kontrak pekerjaannya dilakukan secara multiyear selama tiga tahun mulai tahun 2020 dan akan berakhir pada tahun 2022.

“Bundaran masih ditata, makanya penutup di patungnya belum dilepas. Itu tinggal lampu-lampu saja yang mau dipasang. Kalau lampu sudah dipasang maka kain penutup sudah bisa dibuka,”jelas Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) Kabupaten Mimika, Inosensius Yoga Pribadi saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (25/5/2021).

Mengenai perawatan kata Yoga saat ini masih ditanggung PUPR, namun nanti jika sudah rampung akan diserahkan kepada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan.

“Nanti sama seperti bundaran SP 2 yang sudah diserahkan ke Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan. Karena ranah kita hanya membangun tidak ada pemeliharaan sehingga dinas pemukiman yang punya (tanggungjawab,red) itu,” ungkapnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar menjaga ikon Kabupaten Mimika tersebut.

“Kalau masyarakat tidak peduli cuma diberikan tanggungjawab ke pemerintah untuk merawat sementara masyarakat tidak turut serta merawat biar kita bangun ikon apapun sebagus apapun kesannya tidak bermanfaat atau tidak berarti karena masyarakat tidak turut menjaga,” ucapnya

Kedepannya, di Timika akan terus dibangun berbagai macam ikon kota, salah satunya di simpang delapan di Kampung Limau Asri, SP 5.

“Masih banyak ikon – ikon lain yang akan kita bangun di kabupaten ini, kalau hal-hal kecil begini (Bundaran Petrosea – red) tidak bisa kita jaga, sayang kan,” tuturnya.

reporter : Kristin Rejang
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.