Porprov Papua Selatan, Pesilat Merauke Kumpulkan Medali Terbanyak

Pengalungan medali emas kepada atlet Merauke oleh Sekretaris KONI Papua Selatan Antonio L. Ohoitimur. (Foto:Getrud/Seputarpapua)
Pengalungan medali emas kepada atlet Merauke oleh Sekretaris KONI Papua Selatan Antonio L. Ohoitimur. (Foto:Getrud/Seputarpapua)

MERAUKE | Perolehan medali emas terbanyak untuk Cabang Olahraga (Cabor) Pencak Silat pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Papua Selatan diraih oleh atlet Kabupaten Merauke dengan total 10 medali emas, 4 perak dan 1 perunggu.

Disusul Kabupaten Mappi dengan perolehan medali 3 emas, 4 perak dan 8 perunggu. Kabupaten Boven Digoel berada di posisi ketiga dengan 2 medali emas, 8 perak dan 5 perunggu. Kemudian, Kabupaten Asmat dengan 1 medali emas, dan 2 perunggu.

Ketua Pengprov Cabor IPSI Cahyo Purnomo menyampaikan terimakasih atas kerjasama semua pihak sehingga selama pelaksanaan berjalan dengan baik aman dan lancar, walau sempat ada yang cidera.

Cahyo mengutarakan kebanggaannya selaku Ketua Pengprov karena Pencak Silat masuk dalam 12 Cabor yang dipertandingkan untuk Porprov pertama.

“Ini satu kebanggaan bagi kami karena Pencak Silat masuk dalam 12 Cabor yang diperlombakan dalam Porprov Papua Selatan pertama,” pungkas Cahyo dalam penutupan di GOR Head Sai Merauke, Sabtu (4/11/2023).

Dihadapan Waket Harian 3 KONI PPS Jeffry Papare, Sekretaris KONI PPS, KONI dan Pengkab ia meminta agar seluruh atlet tetap dan terus diperhatikan oleh pemerintah, begitu juga dengan sarana prasarana maupun SDM yang masih minim menjadi catatan untuk diprioritaskan guna lebih memaksimalkan pembinaan dan keberlanjutan peningkatan kemampuan atlet Pencak Silat.

Kepada segenap atlet yang ikut dalam kejuaraan Porprov itu, Cahyo memberi motivasi bahwa pemenang tidak akan pernah berhenti, berhenti tidak akan pernah menang.

“Jadi prestasi yang diukir di sini kembangkan di daerah masing-masing,” katanya.

Sekretaris Umum KONI PPS Antonio L. Ohoitimur dalam penutupan Pencak Silat menyampaikan atas nama Ketum KONI PPS ia mengucapkan terimakasih kepada Pengprov IPSI yang sudah sukses menjalankan pelaksanaan Porprov kali ini.

“Menjadi kebanggan kita semua di pulau Papua karena ini yang pertama di Papua. Kesuksesan 12 Cabor bukan hanya program kerja tapi kerjasama semua pihak, dan kita buktikan bahwa PPS bisa menyelenggarakan Porprov,” ungkap Antonio.

Pengprov dan Pengkab IPSI ditantang KONI PPS untuk melakukan open turnamen pencak silat. Namun, untuk menuju Kejurda tersebut, didahulukan dengan peningkatan SDM, pengadaan peralatan pertandingan.

Bahkan Sekretaris KONI mengatakan bahwa KONI PPS akan membantu peralatan semua Cabor serta peningkatan SDM bagi pelatih dan wasit.

“Selamat kepada yang berprestasi hari ini, terus kembangkan kemampuan dengan berlatih dan persiapkan diri untuk mengikuti event nasional,” pungkasnya.

penulis : Getrud
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *