Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Freeport Bawa Pesan Harmonis dengan Alam

Direktur dan Executive Vice President Sustainable Development PTFI, Claus Wamafma ikut melepasliarkan kupu-kupu dalam pu cak acara Hari Lingkungan Hidup Sedunia. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
Direktur dan Executive Vice President Sustainable Development PTFI, Claus Wamafma ikut melepasliarkan kupu-kupu dalam pu cak acara Hari Lingkungan Hidup Sedunia. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada Minggu (5/6/2022) PT.Freeport Indonesia menggelar berbagai kegiatan.

Dengan mengusung tema ‘Only One Earth’, dengan sub tema Living Sustainably in Harmony with Nature, Divisi Lingkungan PTFI mengajak seluruh karyawan dan komunitas untuk mengambil bagian dalam berbagai agenda yang telah dipersiapkan.

Kegiatan tersebut diantaranya peringatan Hari Lingkungan, bersih sungai di Kota Timika, Webinar tentang “Biodiversity di Area Kerja PTFI”, Talk-Show Eco-Enzyme, bersih-bersih basecamp Cartenz, penanaman mangrove di muara Ajkwa.

Juga perlombaan hari lingkungan, lomba mewarnai untuk siswa TK dan SD YPJ KK and Tembagapura, Lomba “TikTok” dengan tema lingkungan untuk umum Timika, Kuala Kencana dan Tembagapura, Lomba video daur ulang plastik bagi karyawan dan keluarga, lomba peragaan busana untuk kategori umum Timika, Kuala Kencana dan Tembagapura.

Puncak perayaan hari lingkungan dilaksanakan dengan meriah di Memorial Park, Kuala Kencana pada 10, 11 dan 12 Juni 2022 yang dimeriahkan dengan pelepasanliaran 30 ekor kupu-kupu, pameran lingkungan oleh divisi atau departemen, privatisasi dan kontraktor.

VP Enviromental PTFI, Gesang Setiadi mengatakan sesuai dengan tema yang diusung, menurutnya sangat tepat sebab tahun ini juga memperingati 50 tahun sejak pertama kali konferensi tentang lingkungan hidup dilaksanakan di Stockholm, Swedia.

“Jadi usia 50 tahun adalah usia yang sudah cukup matang dan kita semakin menyadari bahwa kita harus hidup secara harmonis dengan alam sekitar kita,” katanya dalam sambutan, Jumat (10/6/2022).

Dikatakan Kuala Kencana merupakan salah satu example bahwa manusia bisa hidup harmonis dengan alam, juga tidak menebang pohon sembarangan.

“Kota ini ditata sedemikian rupa, semuanya sistemnya modern, listriknya ditanam dibawah tanah, semuanya diatur dengan baik. Di lingkungan kita juga ditutupi oleh hutan yang masih bagus, asri, masih seperti kondisi mula-mula jadi ini adalah satu contoh yang sangat bagus dimana kita bisa hidup bersama dengan alam tanpa saling mengganggu,”tuturnya.

Menurutnya semangat menjaga lingkungan harus bisa ditularkan ke luar Kuala Kencana.

Selain itu Tembagapura juga, Freeport berusaha untuk menjaga alam dab hidup berdampingan.

“Ada kebun-kebun liar kita coba tanami kembali. Di Kuala Kencana juga sama ada kebun-kebun liar kita tanami kembali bahkan orang yang sebelumnya terlibat pembukaan kebun liar kita libatkan sama-sama melakukan rehabilitasi,” ungkapnya.

Menurutnya ini adalah contoh yang bisa dilakukan sebagai komunitas untuk bisa berkontribusi terhadap alam dan masa depan anak cucu.

“Dan semangat itu kita berharap bisa ditularkan ke orang lain dan dengan peringatan ini kita ingin mengingatkan kembali komunitas yang ada di PTFI supaya kita bisa merenungkan kembali kita adalah bagian dari alam dan kita harus berikan kontribusi yang positif bagi alam melalui tindakan-tindakan nyata yang bisa kita lakukan,” pungkasnya.

Direktur dan Executive Vice President Sustainable Development PTFI, Claus Wamafma dalam sambutannya mengatakan PTFI ingin menegaskam kembali komitmen bagi pelestarian lingkungan hidup, sebab operasi Freeport bersentuhan langsung dengan lingkungan.

Dikatakan saat ini, situasi dunia dalam fase-fase kritis terkait dengan lingkungan hidup.

“Dan itu suka tidak suka sebagai perusahaan yang melakukan penambangan di Papua kita juga dihadapkan pada isu terkait dengan pengelolaan lingkungan hidup dan juga pelestarian lingkungan hidup,” ungkapnya.

Menurutnya banyak sekali tuntutan untuk memastikan kembali operasi Freeport dalam memenuhi semua standar-standar yang diminta oleh dunia internasional salah satunya adalah lingkungan hidup.

Pihaknya juga sudah menyelesaikan audit terkait semua isu yang paling banyak adalah lingkungan hidup dan itu menjadi komitmen Freeport.

“Kita bicara terkait lingkungan hidup, freeport sudah memberikan dan memastikan bahwa beberapa isu global terkait dengan pemasanan global itu juga kita memberikan kontribusi,” ujarnya.

Dimana Freeport berkomitmen tahun 2023 untuk mengurangi emisi (gas buang). Sehingga menurutnya Freeport sangat serius dalam penangana terkait dengan lingkungan hidup.

“Terimakasih kepada semua tim lingkungan hidup yang usung acara memberikan kami semangat lagi, menghidupkan kembali kota Kuala Kencana setelah hampir 3 tahun tidak ada aktifitas karena pandemi,” katanya.

Ia berharap semua unsur didalam wilayah Freeport bisa berkontribusi sekaligus mengirim pesan bahwa Freeport serius untuk lingkungan hidup.

“Kiita mau jaga sama-sama ada banyak sekali yang Champaign yang mau dilakukan dan saya harap campaign ini akan terus di ekspan keluar dari PTFI. Semoga tahun depan acara juga bisa melibatkan masyarakat yang lebih luas,” pungkasnya.

Sementara itu Asisten I Setda Mimika, Paulus Dumais saat membacakan sambutan Bupati Mimika berharap agar peringatan hari lingkungan yang diselenggarakan di wilayah Freeport tersebut tidak hanya menjadi peringatan ceremonial saja namun membawa dampak yang positif bagi cara berpikir dan bertindak dalam menjaga dan melestarikan alam.

“Kita bisa memulainya dengan membuang sampah pada tempatnya, membersihkan
lingkungan disekitar kita, serta menghijaukan alam dengan menanam pohon. Semoga dengan kegiatan ini, akan menjadi momen penting dalam menumbuhkan meningkatkan kesadaran dan kepedulian kita semua untuk memperbaiki perilaku adil terhadap lingkungan,” pungkasnya.

 

reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.